Sabtu, 13 Juni 2015

Gn. Gede Pangrango Season 1




     Yeach!! Alhamdulillah. Akhirnya Allah ngijinin aku hiking ke Gunung Gede Pangrango. Yuhuuu!! Yang pertama kalinya nih, semoga berjalan dengan lancar. Aamiinn..
     “kata kaka Sumi mah, mendingan kita kumpul dulu dirumah Sumi jadi biar tau siapa yang bener-bener fix mau ikut hiking, sekalian biar ngejelasin segala macemnya lebih enak, kalo lewat sms gini mah kan jadi banyak yang nanya inilah itulah ka suminya juga jadi rieut, komo deuih masalah biaya ada yang bilang mahallah, puguh mah segitu teh udah paling murah. Kita mah kan anak baru harga segitu udah buat segala macem. Sumi juga baru tau kalo harga 2malem 3hari itu beda harga sama yang 1malem 2hari. Kitakan ngambilnya 2malem 3hari, kalo 1hari 2malem kita ngga bakalan puas disananya” pesan panjang yang dikirim sumi. Udah bukan dibilang pesan singkat lagi ini mah. Hoho.
     “kalo Nde kerumah Sumi teh jauh, ongkosnya mahal. Gimana kalo kita kumpul disekolah aja? Sambil setor uang dan fotocopy KTP?” saranku. Sumipun menyanggupinya dan ngasih tau sama temen-temen yang laen.
     Kumpul disekolah. Sumipun mulai ngejelasin tektekbengek seputar keberangkatan serta rincian biaya yang begitu sangat panjang. Iya iya aja deh aku mah, kasian juga Sumi udah ngusahain segala macemnya.
     “jadinya mau berangkat kapan?” tanya Sumi. “awal bulan Mei!” jawabku. “tapi Asri pengennya akhir bulan Mei, sambil mau bawa temen cowonya” sanggah Sumi. “kalo awal bulan, kan kita perpisahan pertengahan bulan, nanti takut capek. Masa iya nanti pas perpisahan kita jalannya iingkeudan” tembal Sumi lagi. Yaelah Mi jarak awal bulan ampe perpisahan kan lumayan lama, lagiankan ngga mungkin ampe segitunya kali, mungkin itu mah kurang pemansan aje bisa kek gitu mah. “kalo akhir bulan Nde ngga bisa” jawabku. Kitapun langsung berdiskusi hebat.
     “kalo buat tanggal 1 kuotanya udah penuh, jadi kita ngambil yang tanggal 3 aja, ngga apa-apakan? Buat keberangkatan kita ngambil pagi-pagi atau subuh? Kalian berangkat jam berapa dari rumah? Masa iya janari? Sumi saranin sih kalian nginep dirumah sumi aja, itu juga kalau kalian mau. Kalo mau nginep kalian bisa berangkat sabtunya kerumah Sumi.” Lagi-lagi pesan panjang yang dikirim Sumi. “aku minta izin dulu dah” jawabku simple.
     Aku minta izin sama mama, “beneran mau ke gunung? Liat di Tv banyak orang yang meninggal abis dari gunung, anak temen mama yang udah pernah kesana sekarang gila. Adek mau kayak mereka?” tutur mama. “iyah mah, mungkin itu mah yang suka riweh aja pas dijalannya jadi mengganggu makhluk disana, atau mungkin dia ngga pernah shalat disana mah. Kalo meninggal mah itu udah takdir kali mah” jelasku. Mama hanya diam aja, dan  akupun ikut diam dengan harap-harap cemas. “banyakan ngga? Sama siapa aja?” tanya mama. “banyakan kok mah, sama temen-temen sekolah, lagian ada pemandu juga, mama gausah khawatir ada keluarga dari temen adek juga yang ikut” yakinku. Benerkan Nde ngga boong? Buktinya kakaknya sumi ikut? Noh ituhkan keluarganya Sumi. Mungkin pikir mama yang dimaksud keluarganya itu ada orang yang lebih tuanya kek bapaknya sumi gitu. Hoho, maafin adek mah. Tapi aku ngga salah ngomongkan?
     “berangkat sama siapa?” tanya mama saat aku sedang mengemas barang-barang. “Sendiri aja mah naik bis” kataku. “anterin sama siboa aja!” suruh mama. Nahloh? Mama curiga aku bohong mau hiking bukan? Atau apa? Tumbenan nyuruh siboa harus nganterin aku? tapi yasudahlah dipikir-pikir lumayan ngirit ongkos juga.
     “kamana atuh gaya?” tanya boa cuek “cipanas, ngecamp” jawabku simple. “bawa jaket double, disana mah dingin” kata boa. Ciiieee boa perhatian, tumben nih?? Cuek cueknya boa masih peduli sama adeknya juga yah?? Meski itu jarang, hadeuuhh.. Tuhkan kalo naik bis mungkin ngga bakalan kehujanan kek gini, udah gitu macet, jibrug deuih. Tak apalah nanggung..
     Kasian juga boa pulangnya huhujanan, udah gitu ga pake jas hujan lagi. Aaaa.. maafin nde boa yang udah ngerepotin. Menuju rumah Sumi aku anggap sebagai pemanasan awal, ini jauh amat, berkelak kelok lagi. Lumayan. Temen-temen udah pada kumpul aja dirumahnya Sumi, mungkin aku yang dateng paling akhir, eh tapi nyatanya bukan. Yevi masih belum nyampe, semua orang udah pada khawatir, nih Yevi kemana udeh malem belum nyampe juga, takut ada apa-apa dijalan, ga ada komunikasi banget. Bilangnya dianterin pacarnya. Halah.. mungkin mereka maen-maen dulu wajarlah malam minggu. Tapi kamu bikin khawatir Yev!!!
     Akhirnya nih orang yang ditunggu-tunggu dateng juga. Ebusyet ini jam berapa Yev?? Untungnya kamu ngga apa-apa. Alasan kamu emang logis, namun masih banyak tanda tanya yang tersimpan. Yevi mah abong keneh ada pacarnya, kumpulnya ngga sama kita-kita, nempel terus sama pacarnya. Noh magnet ngga bisa dilepas dulu apa?
     “Mi itu siapa?” tanyaku sambil melihat laki-laki yang bertubuh jangkung. “itu teh kaka pemandu yang kedua, kaka pemandu yang pertama nanti kesini nyusul, dia mah kecil orangnya tapi beuh kuatan dong udah berapa kali bulak-balik gunung, kan kemaren aja pas Sumi kerumahnya dia lagi ke gunung” jelasnya “berarti dia baru balik dong sekarang? Kasian juga yah” jawabku.
     Ngga kuatlah menghirup asap rokok diruangan ini yang sudah menggumpal dan memancing kerja otot jantung, mendingan menghirup asap sendiri. Eh Nde sadar! “uhukk!!” akupun langsung keluar rumah, diam diteras sambil mengontrol nafasku yang tak menentu. “yang itu Nde kaka pemandu pertama teh” ucap Sumi sambil mengalihkan pandangannya. “ouh ituh, keliatanya mah cuek, jutek, judes, plat yah?” jawabku jujur. Tapi entahlah kalo udah dilapangan mah.
     Gini yah kalo ngumpul sama temen cewe mah bawaannya itu curhat weh, sagala diomongin. Lieur. Suka ada weh ngomongin baturnya teh. Jadi kepo tungtungna mah. Ngga kayak kumpul sama temen cowo yang simple, elegan, dan only sharing. “Nde kenapa?” tanya Sumi “ini gatel kutu air” jawabku sambil menggaruk kaki. “ada obatnya ngga?” tanyanya lagi “ngga bawa, lupa” jawabku merengek. Hadeuh.. malem-malem kebangun cuma gara-gara gatel? Ada-ada aja.
     Weiyss?? Subuh-subuh udah pada nyaring aja, udeh pada siap rapih mau kemana bu?? Aku sih masih gogoleran aja, pas udah tau HAH udah siang? Buru-buru dong. Mau ke kamar mandi masih ngantri aja di WC, yaudah sih wassalam mau apa lagi kalo udah kek gini? Namanya juga numpang dirumah orang.
     Subhanallah bangetlah ini ibu sama bapaknya Sumi, baek bener dah, ramah-ramah pula. Suka ngiri kalo liat orang tua akur kek gini. Pengen banget sumpah punya orang tua kek gitu. Peduli banget sama anaknya, bela-belain nyiapin segala macem buat anaknya. Beruntung sekali kamu Sumi punya orang tua seperti itu. Andaikan aku anak dari kedua orang tua anda. Halah skip! Gasukalah!
     Yeach!! Berangkatnya mula-mula ke gunung Putri dulu, naik mobil pick-up lagi. Seru. Disinilah awal pertemanan dan kebersamaan kita bersama teman-teman baru. Mau ke tempat simaksi aja jalannya jauh bener. Kata kaka pemandu ini belum seberapa, belum nyampe setengahnya aja, masih sangat jauh sekali. Namun kita saling support, saling nyemangatin. Sampai pada akhirnya kita bisa lewatin semuanya bersama-sama.
     Ditempat simaksi kita istirahat sejenak, Ubunpun menyempatkan pergi ke Wc dulu. “Ndeeeee...” teriak Ubun setelah keluar dari Wc. “kenapa Bun?” tanyaku kebingungan. “aku...” jawabnya tidak percaya “serius?” sanggahku. “ga bakalan kenapa-kenapa kok, yakin, positif thingkinglah Bun” jawabku menghilangkan keresahan Ubun.
     Kalian tau? Jalannya ituloh.. mungkin aku emang baru pertama kali aja, jadi agak kaget juga ngeliat treknya yang bentuknya macem-macem gitu. But, i believe and i can do it! Let’s go!!
     Banyak banget kejadian-kejadian, baik itu hal yang menyenangkan, menyedihkan, mengagetkan, menegangkan dan segala rupa macem perasaan yang ngga bisa dijelasin satu persatu. So i’m happy! And i’m free! Hirup udara untuk memuja.
     Berawal dari kejadian carriel putus tali gendongnya, karena kelebihan muatan. Haha ceritanya sih mau hiking, tapi keliatannya kek mau jualan makanan aja di gunung, bawa makanannya ituloh udah kek mau ngalahin gunung aja, banyak bener. Aku kira patungan uang buat beli makanan itu ngga bakal sebanyak itu, lagian kita sendiri juga bawa makan masing-masing keles. Tapi yasudahlah semua itu udah terlanjur, dan tanggung resiko yah kaka, kalian-kalian para cowo yang harus bawa barang sebanyak itu. Kalo dipikir-pikir juga kenapa ngga dijual aja yah digunung sebagian? Lumayan juga kan dapet untung gede. Haha ngawur luh Nde! Emang siapa yang mau beli? Arwah disonoh? Kek sesajen aja. Tapi ikatan batin ibunya Sumi kuat juga yah? Kita disuruh bawa jarum kaput buat jaga-jaga kalo ada carriel yang putus, eh emang beneran tuh carriel putus, beruntungnya kita nurutin sarannya ibu Sumi.
     Bener yah banyak istilah dan juga pepatah “bawalah seseorang untuk mendaki ke puncak gunung, maka kalian akan mengetahui sifat asli seseorang itu sesungguhnya” prokprokprok!! Aku setuju dengan pendapat ini, dan ini memang benar-benar terbukti.
     Waktu pertengahan jalan, sumpah ada yang bikin aku khawatir, cemas, bingung, kaget, jantung aku berdegup lebih cepat dan merasa bersalah banget. Iyaps, saat Sumi ngerasain sakit. Anemia. Perlengkapan P3K aku serta obat Sumi yang dititipin ke aku ada di kotak P3K itu, sedangkan kotak P3Knya itu ada di kakanya Sumi. A Ndah. Sementara dia udah jalan lebih dulu dan lebih cepat mendahului kita.
     Sialan luh Nde! Ngapain dititip-titip ke orang laen? Harusnya luh yang pegang tuh P3K! Jadinya kek ginikan? Udah tau orang laen itu nitipin barang ke luh! Ngapain luh titipin ke orang laen lagi? Kalo luh ga ngelakuin hal itu mungkin kejadiannya ngga bakal kek gini! Hadeuh, hati aku udah mulai ngomel marahin aku aja. Okey! Aku ngaku salah. Lagian aku kan ngga tau kejadiannya bakal kek gini. Sorry dah. Sekarang aku mau nyusul kaka Sumi buat nebus kesalahan aku. Puas? Lagi-lagi debat sama hati itu ngga pernah berhenti-berhenti, selalu aja dia yang menang. Bagus deh kalo gitu, sendiri? Iyalah sendiri, kalo ngajak orang laen juga belum tentu mereka mau, mungkin bakalan bilang ogah kalo misalkan disuruh kebawah lagi.
     Sumi pun diistirahatkan, dan salah satu kaka pemandu. A Utong. Pun menyusul A Ndah yang sudah diatas sana, setelah perdebatan dengan hati ini, aku pun langsung nyusul ke atas juga, tadinya sih setelah ketemu sama A Ndah mau bawa P3Knya lagi turun kebawah, tapi aku sama A Ndah keburu berpapasan dijalan, bilangnya sih “sok aja duluan, ku saya we” so? Intinya aku ngga turun lagi kebawah? Dipikir lagi juga sih kayaknya kalo turun kebawah lagi bakalan capek, maklumin dong akukan pemula. Mungkin kalo aku udah terbiasa, aku bakal siap turun kebawah lagi. Baru mungkin? Hehe..
     Nyampe dan gabung sama temen-temen yang udah diatas, akupun langsung selonjorin nih kaki sambil tiduran nyender dibatu gitu. Tapi mereka kok kayak ketawain aku? Ada apa? Waduh?? Ternyata celana jas hujan yang aku pake sobek!! Gila!! Jalannya aku kek gimana sih? Kok bisa-bisanya nyampe sobek gini? Aku aja baru ngeh. Yaelah ada-ada aja nih insiden memalukan. Tapi aku bodo amat aja sih, lagian cuma sobek doang ngapain harus diribetin? Tapi lama-lama dipake malu juga yah diketawain sama orang-orang yang berpapasan juga. Yaudah akupun buka celana jas hujan, iya resikonya nih celana yang aku pake jadi kotor dan basah. Namanya juga lagi hujan saat diperjalanan, but still spirit for walking!
     Decak kagum sekaligus terkejut kurasakan saat berada ditengah perjalanan, melihat 2 anak kecil perempuan yang kuat dan tangguh beserta kedua orang tuanya terus berjalan dibawah hujan yang sedang mengguyur. Orang tua yang hebat! Mengenalkan dunia alam pada anak usia dini. Lantas? Apa kabar dengan keluargaku? Mengenalkanku pertengkaran saat usia dini? KDRT? Membuat sebuah karakter gila diotakku? Halah skip keras!!
     Setiap ada pos, kita pasti istirahat. Lumayanlah meringankan sedikit otot-otot yang menegang. Oh iyah, kalian tau? Terkilir adalah sesuatu hal yang harus dihindari, mungkin salah pijakan atau mungkin bisa berbagai hal. Dan menurutku terkilir adalah sesuatu hal yang tidak boleh terlihat oleh orang lain, kesannya seperti orang lemah yang ingin diperhatikan setiap langkah dan dituntun setiap pijakan kita, meski iya terkilir kadang ngga diketahui kapan akan terjadinya. Hati-hati aja sih saat melangkah dijalan yang ekstrim, dan tunjukan bahwa aku bisa dan ngga gampang lemah. Kalo menurut kalian sih aku ngga tau yah? Tergantung pendapat dan keyakinan masing-masing aja.
     Hujan gerimis ngga ada hentinya, sampai di Alun-alun Surya Kencana pun hujan masih membanjiri kawasan ini. Udara pegunungan yang khas akan dinginnya ditambah hujan yang membuat bulu-bulu tubuh mulai berdiri. Dingin banget, untuk melangkahpun ogah, ngga tau suhunya berapa, mungkin bisa dikata suhu minus.
     Anginpun ikut serta dalam perjalanan kakiku. Mencoba kuat untuk terus berjalan, memaksakan kehendak untuk melangkahkan kaki meski diterpa semilir angin yang menusuk kedalam raga. Kuberjalan, sekalinya ku lirik kanan dan kiri. Inikah yang dinamakan Alun-alun Surya Kencana? Begitu menakjubkan! Hamparan bunga-bunga edelweis nya ituloh yang membuat aku kagum akan sang ciptaanNYA.
     “tunggu disini, saya nyari tempat dulu untuk kemah” ucap A Utong, ia pun segera pergi ditemani 2teman lainnya. Ngga tau siapa, aku lupa lagi. Waktu itu aku ngga merhatiin, terlalu fokus sama tubuhku yang mulai agak ngga stabil. Kitapun menunggu sebagian dengan kondisi mulai kedinginan, dengan keadaan basah kuyup, apalagi para cowo yang ngga pake jas hujan. Gila! Cewe aja yang pake jas hujan udah ngerasa dingin banget. Apalagi cowo? Mungkin kamu (yang baca cerita ini) bisa bayangin rasa dinginnya bakalan berapa kali lipat? Kamu taukah? Kaka pemandu yang namanya Utong-Utong itu, dia pake celana pendek? Setdah!! Ngga dingin apa bang? Halah.. mungkin dia udah biasa, namanya juga kaka pemandu, udah bisa membaur sama kondisi gunung tentunya. Salut aja dah.
     Setelah tempat untuk berkemah telah ditemui, kitapun langsung menuju tempat itu, berjalan lagi dikegelapan malam ditemani hujan dan angin yang sangat lebat. Hah? Kenapa aku diam? Ayo cepat berjalan! Kita belum sampai hey kaki! Aku pun terus memaksakan kakiku dengan rasa bergetar. Ayolah kita harus bersahabat kaki, mulai berjalanlah. Aku ingin membantu mereka memasangkan tenda, bukan hanya diam seperti ini. Bodoh!
     Namun apalah daya, syaraf-syaraf kakiku seperti tak berfungsi, membeku dalam kedinginan cuaca saat itu. Aku tidak bisa menggerakan satu langkahpun? Hey! Ada apa dengan kakiku? Please. Jangan bertingkah bodoh seperti ini. Dan jangan coba-coba kau permainkan aku. Aku tidak suka!
     Cacian yang terus bertubi-tubi yang kulontarkan dalam hati membuat aku semakin tak bisa berkutik. Melihat mereka yang sedang membuat tenda dengan keadaan yang menurutku ini tidak memungkinkan, namun mereka terus melakukannya sampai akhirnya tenda yang seadanya itu terbentuk. Aku merasa seperti patung.
     “Nde, jangan berdiri disitu, ayo kesini” ucap seorang laki-laki yang aku ngga tau itu siapa, pandanganku mulai samar ditambah gelapnya malam tanpa ada cahaya. Aku hanya menggelengkan kepala. “temenin si Nde kasian” ucap lainnya. Inginkan aku menjawab namun aku tak kuasa. Teman-teman cewepun mulai mendekatiku, mulai bertanya ada apa denganku?, dan mulai memberikan aroma nafasnya yang hangat. Aaaa.. akupun merasakan hidup kembali, namun belum seluruhnya. Hey kaki! Mereka sudah berkorban untukku, dan telah peduli. Ayolah kita berjalan! Namun kaki ini masih saja diam, sampai pada akhirnya aku harus dibantu oleh beberapa teman lakiku, meski aku sudah menolaknya. “jangan, tidak usahlah. Aku bisa berjalan sendiri” ucapku dengan nada pelan. Ini mulut udah kek dibungkam aja. Aura positif datanglah bantu aku untuk bisa melangkahkan kaki ini. Aku tidak ingin merepotkan orang banyak. Ayolah, maafkan aku.
     Akupun melangkahkan kaki namun seperti tidak menyentuh bumi. Rasa sakitku tahan. Ingin teriakpun aku tak sanggup. Jika kondisi ini memungkinkan, pasti aku sudah teriak agar rasa sakit itu hilang. Tapi aku hanya bisa membungkam mulut.
     Berdiri terlalu lama, seperti orang tidak normal, mungkin bisa dikata dalam kondisi ini, aku kesurupan? Waduh? Enggalah. Aku mampu menahan masuk teman-temanku yang ada dineraka kedalam raga ini, kecuali kadang aku tak mampu menahan aura negatif yang mereka kirim untukku.
     “nanti kakinya pake air panas, biar ngga keram” ucap salah seorang laki-laki. Yang aku ngga bisa menatapnya jelas. Dan aku hanya bisa mengangguk dan menuruti perintahnya, mungkin itu adalah solusi?
     Baru kali ini, aku merasakan beribadah dirintikan hujan. Ini belum pernah terjadi, dan aku merasakan bahagia pernah mengalaminya. Ya Allah, terimakasih kamu telah mengijinkan aku beribadah di tempat ciptaanMu ini. Aku sungguh bersyukur.
     Malam harinya itu dingin banget, saat tertidurpun tubuh aku merasakan gemetaran ampe ngga terkendali. Ini ada apa sih sama tubuhku? Ayolah Nde kuat! Semangat dalam diri adalah kunci utama untuk mengendalikan jiwa raga, hati dan pikiran, mungkin jikalau ada penyemangat lainnya itu adalah bonus berharga dalam hidup. Ini nafas ngga stabil gini? Kenapa Ya Allah?
     Dipagi harinya. Masih diselimuti rasa dingin. Bangunpun tak kuasa, namun tetap aktivitas untuk bersyukur pada Sang Kuasa harus dilakukan tanpa ada alasan sedikitpun, kecuali ada toleransi, tapi rasa dingin ini bukan untuk ditoleransikan! Mungkin Allah lagi nguji aku, seberapa mampu aku bertahan hidup untuk terus selalu menyembahNYA dalam keadaan apapun. Jikalau aku mati, setidaknya aku sedang berada dijalanMU, itu yang selalu aku harapkan.
     Air sungai yang mengalir begitu sangat dingin, melebihi air yang berada dilemari es. Aku merasakan kesegaran dan kesejukan, dan merasa lebih kaku, namun kupaksakan hanya demiMU. Subhanallah.. lagi-lagi aku tak henti bersyukur, aku bisa melakukan setiap sujudku didepan ciptaanMU, gunung-gunung yang menjulang tinggi, rumput-rumput yang bergoyang dan hamparan luas bunga edelweis. Aku merasa kecil, hina dan berdosa. Maafkan khilafku yang tak pernah berhenti Rabb.
     Akupun diajak untuk berolahraga disini, melangkahkan kaki dipagi hari ke tempat ujung gunung yang lumayan jaraknya, ini sungguh keren!! Bawahnya jurang, aku ingin terus kebawah tapi bukan untuk bunuh diri yah? Melihat kedepan banyak sekali gunung-gunung yang aku ngga tau nama-nama gunungnya apa aja. Melihat keataspun banyak sekali berbagai bentuk awan yang menghiasi langit. Dan di tempat ini aku teriak dengan sekeras-kerasnya. Aku sangat puas! Dan merasa begitu lega. Mungkin orang laen menganggapku gila namun ini adalah puncak dimana aku bisa mengeluarkan aura negatifku.
     Bergegas untuk kepuncak gede, dengan membawa tas kecil untuk bekal seadanya. Enak juga yah kalo hiking tanpa bawa barang berat, gini aja nih simple. Tapi kan kayaknya ngga mungkin. Wow.. amazing! It’s so beautiful face! Subhanallah, ini puncak gede toh? Keren. Baru kali ini aku berada diketinggian 2958mdpl. Sumpah ini ngga bisa diucapin sama kata-kata, saking indah banget takjub. Kalian harus nyoba dateng kesini!!
     Setelah puas menikmati keindahan puncak dan otep-otep (foto-foto). Kitapun turun kembali ke tempat camp, disana A Agus sudah menyiapkan nasi liwet. Weiys keren yah? Bisaan masak juga si Aa. Prokprokprok..
     “ayok Nde makan! kamu mah belum makan pisan” lagi-lagi kata itu terlalu bosan aku dengarkan, aku belum laper, kalo saja laper aku akan langsung makan tanpa harus disuruh. “iya iya sok aja” jawabku santai.
     Ngga lama setelah itu, ada 2orang cowo iya katanya sih itu temennya kaka pemandu gitu. Alhamdulillahnya dia ngebenerin tenda kita yang sempet reot, tapi tetep aja reot, hadeuh.. tak apalah setidaknya mereka sudah berusaha, dan mereka juga jadi ikut ngecamp bareng kita, makan bareng. Seneng juga sih jadi nambah temen gitu. Tapi sayangnya candaannya ituloh? Salah satu dari mereka. Kata-katanya ngga disaring, bikin jengkel, tadinya pengen ngelabrak aja langsung tapi masih sabar dan ditahan sama temen-temen.
     Sampe pada akhirnya langit menjadi gelap, dia masih aja kicau-kicau ngga jelas. Intinya dia udah ngebangunin singa yang sedang tertidur. Sadap takut njir.. “Berisik!! Bisa diem ngga sih? Ini udah maghrib, kalo emang kamu Islam harusnya shalat, kalo non Islam oke aku minta maaf, tapi kamu bisa ngehargain orang shalatkan?” ebusyet suara singa aku keluar? Berani sekali kamu Nde seperti itu sama cowo yang lebih tua dari kamu? Kirain cuma sama temen sebaya aja kamu bisa berantemnya? Nyeremin! Semua orang pada kaget tau. Bodo amat! selama aku masih merasa benar, aku bakal lakuin meski aku tau resikonya apa. Hadeuh.. kamu Nde! sifat berantemnya masih ada aja, kamu udah bukan anak sekolah lagi loh? Sifat berantem semasa waktu sekolahnya buang jauh-jauh coba? Lupain saat-saat kamu berantem waktu TK, SD, SMP, sama waktu putih abu, terlihat norak tau! Yang udah gila tuh kamu kalo berantemnya udah pake tangan. Syaraf luh! Yaelah.. aku juga ngga bakalan gitu kali kalo mereka ngga ngusik aku? Baik-baik aja kok. Whatever you say! Lagi-lagi debat sama hati. Ga ada bosen-bosennya.
     Kaka pemandupun langsung keluar tenda, dia meredakan sedikit emosiku. Iya aku emang salah. Seharusnya aku tidak melakukan hal bodoh macam itu, tapi apalah daya semua itu sudah terlanjur, dan aku merasa bersalah. Aku sudah melakukan sesuatu hal dan aku harus menanggung resikonya. Akupun langsung minta maaf, berkali-kali aku minta maaf pada laki-laki itu yang namanya sih A Iman gitu. Terserah dia mau maafin atau ngga juga. Setidaknya aku sudah minta maaf. “aku orangnya serius, kamu boleh ketawa atau bercanda tapi gausah pake kata kasar, sopanan dikit kenapa?” ucapku lantang. “ouh serius? Iya atuh iya serius” jawabnya ambigu.      
     Sebenarnya sih aku juga kadang bercanda, cuma iya ada waktunya dan liat sikon (situasi dan kondisi) saja. Kalo dia mah kek nya ngga pernah liat sikon kali yak? Tapi untungnya sih besok pulang, mungkin aku bisa melupakan kejadian ini. Anggap ini tak pernah terjadi ini tidak terlalu penting untuk diingat lalala~. Tidur.
     Esok paginya aku diajak untuk mengejar dan melihat sunrise, begitu menakjubkan, ini lumayan dekat dan sangat nyata. Meski masih hawanya dingin dan sejuk, aku mencoba untuk menghangatkan tubuh dengan segelas air putih hangat dan sinar mentari yang menyorotiku dengan tajamnya. Aku belum pernah merasakan hal seperti ini, melihat sunrise saja aku selalu memandangnya dari kejauhan. Tapi kini? Seakan sang mentari berada disampingku.
     Rasa berat hati untuk meninggalkan gunung ini. Tapi apa boleh buat? 2malam 3hari sungguh begitu cepat. Berpamitan pada pemandangan alam disekitar gunung dan berharap aku akan kembali kesini meni’mati keindahanMU dan untuk selalu bersyukur sujud beribadah ditempat ini lagi.
     “kaos kakinya sebelah lagi palid pas nyuci sepatu, jadi sekarang pake kaos kaki yang ada dulu, meski ngga serasi, makasih bun kaos kaki sebelahnya” ucapku sedih. “anak gunung itu ngga boleh malu” ucap salah seorang laki-laki yang mungkin dari tadi mendengarkan percakapan aku dengan ubun. Akupun serontak langsung melihat kearah dimana suara itu. Iya dia adalah temannya kaka pemandu itu, dengar-dengar sih namanya Kamal. Dia begitu cuek, dingin, plat, namun peduli. Itulah pandangan aku padanya. 1 Kalimatnya itu membuat aku merasa lebih kuat, lebih percaya diri, dan lebih semangat. Hatur tengkyu a.
     “gunung gede gelap” kata A Kamal. What? Dia berbicara sama siapa? Berbicara pada akukah? Kenapa dia bilang seperti itu? Apa karena aku yang sedang memakai kacamata hitam? Hoho. Aku hanya tersenyum saja. “boleh minjem?” pintanya. “boleh, tapi ini punyanya A Gajih, a” jawabku. Dia langsung memakainya saja. Dia terlihat supel.
     Hoho tebing apa ini namanya? Luar biasa. Banyak yang bilang sih tebing setan/tanjakan setan gitu. Kita kan arahnya turun? Jadi turunan setan dong? Tidak seseram itu kok, menurut aku sih. Malahan kayaknya lebih seru kalo jalan ke gunung kebanyakannya kek tebing gini? Mungkin sebagian orang menganggap tebing ini sangat menakutkan jadi dinamain tebing setan.
     Menuju turun gunung banyak banget jalan pintasnya, daripada waktu naik gunung. Alhamdulillahnya waktu naik gunung jalan pembukaannya dari gunung Putri, coba kalo awalnya dari Cibodas? Haduh.. kayaknya udah kelelahan belum nyampe juga, ngga bisa ngebayangin dah. Emang jalan Cibodas itu lebih baik buat pulangnya sih daripada buat keberangkatan, menurut pandangan aku.
     Kandang Badak. Sampai disini kita istirahat sejenak. Iya disinilah tempat para pengistirahatan, banyak juga yang ngecamp disini, mungkin mereka-mereka yang awal pendakiannya dari Cibodas? Tapi aku heran kenapa tempat ini dinamain Kandang Badak? Emangnya ada badaknya gitu? Ngga ada kok. Atau mungkin dulunya emang ada badaknya? Terus kenapa sekarang ngga ada? Masih banyak tanda tanya dalam otakku seputar tempat ini.
     “ini makan dulu mie nya” kata A Kamal “ngga a makasih” jawabku simple. “udah dibikinin kok tapi ngga dimakan” jawabnya sambil memalingkan wajah. Aku belum laper keles, suruh siapa bikinin mie? Lagian aku ngga nyuruh. Hadeuh.. Nde sabar, sumpah jadi ngga enak banget sama A Kamal, dia udah baik sama aku dengan sifat dinginnya, masa akunya ngutruk dihati gitu sama dianya. Hoho maafin aku a. Tapi kalo emang belum laper harus gimana lagi?
     Perjalananpun dilanjut kembali, sebelumnya aku minjem topinya A Utong hehe buat jaga-jaga kalo ujan kan airnya ngga langsung ke kepala, suka pusing gitulah aku mah. “bukannya dari tadi atuh minjem teh jadi biar ngga ngehalangan jalan” tutur A Utong. Aku sih hanya cengengesan aja. Ih dipikir-pikir aku berani banget yah minjem barang orang? Itu orang lebih dewasa dari kamu loh Nde? Lagian itu orang baru. Hih? Gatau malu banget kamu Nde? Tapi aku sih cuek, setidaknya dia ngga keberatan mungkin?
     “dari belakang mah kayak cowo yah kalo pake topi?” tanya A Utong saat ditengah perjalanan. Haha udah biasa kalo ada orang yang nyangka gitu sama aku. Malahan mah pernah pas lagi maen ada yang manggil sebutan cowo sama aku. Kayak gini “punten a”, “minggir bang!”, “mau ke terminal naik angkot apa ya mas?” haha sudah biasa.  Tapi aku sih nganggepnya cuek. Bodo amatlah. Orang laen mau nganggep aku apa. So this is my self! Aku hanya senyum biasa aja pas A Utong nanya gitu, tanpa ada jawaban yang mungkin ia tunggu-tunggu.
     Sesampainya di ruang simaksi Cibodas. A Iman atau cowo yang semalem aku omelin itu cerita-cerita pas saat dia diperjalanan, katanya sih dia ngedenger suara-suara aneh dan kayak beberapa kali ngelewatin jalan yang sama gitu. Tapi ngga taulah dia cerita bener atau cuma boongan, tapi sih dari nada suaranya dia kayak ketakutan gitu. Iyalah, abis setiap perjalanan dia itu ketawanya terbahak-bahak banget udah gitu bercandanya ituloh kadang ngga disaring. Jadi aja mungkin makhluk-makhluk disekitar gunung jadi keganggu sama ulahnya. Iya mungkin itu resikonya bang, tanggung sendiri. Kalo aku sendiri sih alhamdulillah yah ngga nemuin suara-suara aneh apalagi ngelewatin jalan yang sama terus, mungkin makhluk-makhluk yang ada disana udah keburu takut ngeliat aku kali yak? Haha ngaco kamu nde!
     Sambil menunggu angkot yang udah dipesan, akupun gogoleran dijalan aspal didepan pintu masuk Cibodas. Sumpah ini lelah banget namun banyak sekali pengalaman, rasa ini bercampur aduk. Aku sih bodo amat, kek ga ada rasa malu gitu. Lagian ga ada kendaraan yang lewat toh? Jadi aku ngga ngehalangin juga. Yang lainnya pun melakukan hal yang sama tiduran diaspal. Haha udah kek pindang aja yah pada tepar? tinggal siap dijual deh. Hehe
     Pas saat ada angkot. Kitapun langsung menyerbunya. Ini angkot keknya kelebihan muatan kali yah? Penuh banget sumpah, udah mah penuh sama barang-barang, 14orang ditambah siamang supirnya jadi 15orang, untungnya sih aku duduk deket pintu keluar jadi ngga ngerasain yang namanya sesak. Cuma semilir anginnya ituloh yang masuk menembus pakaianku. Bbbrrrrr..
     Alhamdulillahnya kita selamat sampai tujuan. Semuanyapun berkumpul dirumah Sumi, menceritakan pengalaman kita saat disana pada orang-orang rumah. Begitu sangat menyenangkan.
     Ngga tau kenapa nih cacing malem-malem pengen makan bakso pedes aja? Gila yah mintanya kamu macem-macem, aku sih males kalo harus keluar nyari-nyari bakso pedes cuma buat luh. Heuh.. tapi sakitnya jadi ngga nahan. Okey aku ikuti maumu cing. Kepaksa biar perutku ngga sakit kek gini. Baiknya A Gajih mau aja nganter aku nyari bakso, hihi makasih banyak a, apalagi jadi gratisong gini. Hehe
     Biasanya nih kalo malem-malem sebelum tidur itu cerita-cerita, sekarang mah nih temen-temen semuanya pada tepar aja, ga ada yang ngajak ngobrol 1orangpun, senengnya juga sekarang aku kebagian tidur diatas kasur lumayanlah sedikit merebahkan tubuh dengan santainya, dan ngga dibawah lantai. Kalo tidur dibawah lantei mungkin ini tubuh udah makin remuk aja. Alhamdulillah? beruntungnya aku..
     Esok harinyapun kita bergegas pulang kerumah masing-masing. Mau ngga mau akupun pulang dengan rasa hati ngga percaya udah mau pulang lagi, bukannya kemaren masih ada dipuncak gede? Ini adalah hal yang sebenarnya aku ngga mau dan males kalo udah denger kata Time is Back to Home. Kayaknya dirumah ngga bakal nemuin kebahagiaan kek gini lagi. Aku bahagia sempat bisa berkumpul bersama kalian. Terimakasih telah mengukir sebuah cerita bersamaku. Teman.
    

TAMAT

Mau tau keseruan video nyah?

Mau tau hasil jeprat-jepretnya?
Please, click here to see pictures

Terimakasih sudah membaca cerita dan menonton video absurd saya hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar