Sabtu, 13 Juni 2015

Gn. Gede Pangrango Season 2




23 Mei 2015, 14.30wib

     “Semuanya udah beres, lengkap?” pesan singkat yang kuterima dari kaka pemandu (Utong) sebut saja begitu. “udah, kalem aja” balasku santai.”okey! jangan lupa bawa obat kutu airnya”.
     2jam perjalanan dibis dari Haurwangi menuju Cipanas, tumbenan ngga ada pengamen, biasanya kalo aku naik bis pasti aja ada yang ngagenjreng, lumayanlah hiburan kala jenuh, maklum aku sendiri dibis udah gitu ngga bawa headshet lagi. Kasian.
     “A, bentar lagi aku nyampe” pesan singkat yang kukirim. “okey! Ditunggu didepan pasar Cipanas dibawah jembatan” balasnya. Sesampenya disana, dimana coba tuh orang? Ditelpon kagak diangkat, di sms ga di bales, culangcileung, teu puguh, berdiri pegel, mau duduk kursi ga ada, nunggu bosen. Hadeuh.. ampe ada kepikiran aku lupa wajah A Utong? Omigot! yang mana tuh orang???
     Tektoktektok.. Ngga lama kemudian. Setdah!!! Rambut baru??? Gila!! Bagus gondrong, tapi keliatan rapih sih. Bagus! Whateverlah yang penting aku udah ketemu sama nih orang yang udah bikin aku kek orang kebingungan dijalanan.
     “Ubun mana?” tanya dia setelah berjabatan denganku. Nahloh? Kok malah ditanya itu? Harusnya ditanya apa kek.. “kan ngga bareng A, disuruh naik bis dia ogah”. “yaudahlah nunggu dia dulu disini” sambil menuju ke tempat gerobak martabak.
     “Dadang” sambil mengulurkan tangannya. “Nde” balasku. “saya temen sekolahna Utong, sok atuh nyaneut”. Dia nawarin barang dagangannya kek martabak sama kue pukis gitulah kalo gasalah. “iyah sok aja A belum laper” jawabku “ah si Nde wae hararese kanu makanna teh” tembal A Utong. Hadeuh.. jangan kasih tau orang laenlah A, kan jadi malu gitu akunya. Sambil nunggu Ubun, kita bertiga bercandaanlah ketawaketiwi, ngomong sekareupnya. Kalian tau? Kata A Dadang aku itu mirip sama temennya coba? Waduh?? Udah berapa orang yah yang bilang kalo ada yang mirip sama aku? Keren. Temuin aku sama orang-orang itulah. Suka jadi penasaran gini.
     Udah hampir maghrib, Ubun masih belum aja nongol. Kemana dia? Jadi khawatir. A Utong langsung nelpon Ubun dong? “Bun dimana?” dengan nada resah. “ouh iyah atuh ari bentar lagi mah, ditungguin dibawah jembatan”. Akhirnya Ubunpun berkumpul dengan kita, meski kasian juga yah nafasnya ngos-ngosan gitu kek dikejar setan. Abis darimana atuh Bun? Nyari-nyari alamat kek ayu tingting?? “duduk Bun, mau minum?” tawarku. Ubun pun langsung nyorocos panjang nyeritain pas keberangkatannya kesini. Bun bun, emang kadang hidup selucu ini.
     Brrrmmmm brrmmm.. sialan nih cowo, udah tau aku lagi berdiri malah terus-terusan aja ngemajuin motornya kedepan aku, terus aja aku yang minggir. Udah tau juga ini tempat saung martabaknya kecil, siapa sih nih cowo?
     “Nde” panggilnya sambil mengulurkan tangannya. Akupun langsung meresponnya dengan segudang kebingungan. Saha kamu?? Dan WHAT???? Cowo itu? Aku baru ngeh, baru nyadar, dan baru tau kalo dia itu, A Kamal? setdah!! Beda banget kek kemaren, ampe aku gatau kalo dia itu iya dia.. HAHA 3minggu ngga ketemu semua serasa berbeda. “hiking teh ngga ngajak si Utong mah” tanya A Kamal. “pinuh tendalah” jawabnya simple.
     “Nde, Bun. Shalat dulu atuh gih! Tuh kebawah” tawar A Utong. Kitapun langsung menuju mushala. Beberapa menit kemudian. “udah shalatnya? Yaudah langsung aja yuk kerumah” pintanya.
     Ouh ini rumahnya yang ngahiji sama tempat kerjanya warnet itu. Lumayan juga yah, kerenlah, mandiri. Pas nyampe dirumahnya itu aku jadi bingung, mau ngelakuin apa? Mau gini malu, mau gitu isin. Tungtungnya mah diem di kamar sama si Ubun, kek disangkar burung gitu yah? Curhat.. udah kek mama dedeh aja. Curhat donggg!! Hadeuh..
     Sebenarnya sih males kalo udah cerita-cerita tentang keluarga, tapi kalo ngedengerin cerita keluarga orang lain sih yoweslah, aku siap dengerin dengan seksama, meski kadang aku suka cemburu sama keluarga orang laen dengan cerita-cerita yang begitu menyenangkan. Halah skip!! Takut cengeng.
     Adzan isya. “Shalat dulu yuk Bun” ajakku “ayok! Ngajak shalat tapi kok masih gogoleran aja” jawabnya kesal “sok atuh Ubun duluan” dengan wajah yang tertutup bantal “Nde aja, malu akh. Kan Nde yang ngajak” tembalnya dengan membalikkan kata. Yaelah.. akupun langsung keluar kamar dibuntuti sama Ubun.
     Beres shalat si Ubun malah buka-buka facebook, facebooknya A Utong lagi, kasian belum di logout. “Bun bajak dulu” suruhku “eh maen bajak-bajak, keluarin dulu” sanggah A Utong. Hadeuh, keburu ketauan orangnya dah. “buka blog aku dong bun biar banyak viewers nya hehe” candaku penuh harap “namanya apa? Sok ketik atuh sama Nde” jawabnya. Gerakpena.blogspot.com akupun langsung klik enter. Setelah tampilan blog aku muncul, Ubunpun langsung nyorobot read aja, ciieee serius amat bun bacanya ampe gamau diganggu gitu wokwokwok..
     Gerakpena.blogspot.com Blog ini aku sengaja bikin cuma buat tempat penyimpanan document ajasih, kalo disimpen dinotebook aja yang ada malah menuhin memory, mendingan disimpen buat hal-hal yang agak privasi. Iya blog ini itung-itung ngeshare sama temen-temen, kalo nakalnya aku bisa bikin karya, meski mungkin BELUM bisa ngasilin pulus halal.
     “Tong” sapa laki-laki yang sedang melepas sepatunya. Siapa cowo itu? Kadang penglihatan aku suka burem kalo ngeliat cowo, harus difokusin dulu agak lama biar tau sama nginget-nginget. Ouh ternyata itu A Agus? Haha akupun langsung salam aja, tanda ngormatin ke orang yang lebih dewasa. “eh A udah liat video yang waktu kita hiking di youtube?” tanyaku “belum, mana atuh pengen liat?” jawabnya penuh penasaran. “Bun buka youtube, kita nonton video waktu hiking lumayan nambah viewers asyek!!” dengan senangnya. “nulis yutub teh gimana?” tanya Ubun dengan polosnya. Waduh??? Ubun?? Gatau nulis yutub? Aaaa bercanda yah?? Kalo emang bener? Aaaa.. Tapi aku sih orangnya gasuka maluin orang didepan orang banyak, jadi aku cuma kaget diam aja sambil jawab santai “youtube Bun”.
     Ceritanya sih langsung nonton tuh video, pada ketawa-ketawa. Alhamdulillah bisa bikin orang ketawa dengan adanya tuh video. Kalo aku ga bikin tuh video? mungkin ga bakalan kek gitu. Jarang-jarang aku bisa kek gitu sama orang, biasanya aku ngadepin semua hal dengan keseriusan, serius serius dan serius. Bercanda atau tertawa mungkin bisa dibilang hal yang jarang, tapi aku suka nonton acara komedi biar aku terlatih dan dianggap orang normal yang mampu tertawa terbahak-bahak dan meninggalkan sejenak kata serius. Dan aku selalu bersyukur punya teman-teman yang suka bercanda, mereka adalah orang-orang hebat yang mampu mengajakku kedunia tertawanya. Dan aku bisa menemukan kebahagian bersama mereka. Teman. “ih naha ga ada sayahan ning di video teh? Eh aya ketang haha” ungkap A Agus.
     Malam semakin larut, keheningan tidak bisa dirasakan ditempat ini. Tidurpun ngga bisa nyenyak, terganggu oleh teriakan kepuasan orang-orang yang lagi ngenet paket gadang. Gila!! Dikit dikit kebangun, liat jam? Belum pagi, tidur lagi, tubuh kebangun mendadak. Hadeuh.. untung aku ngga stroke.
     Alunan nada religi mengajak nyawa untuk bersetubuh kembali dengan raga. Terbangun dikebisingan pagi yang khas akan nuansa alam. “Bun, shalat. Nde mau sekalian mandi yah”. Pas aku udah selesai mandi, busyet nih kamar udeh rapi amat? Beda jauh sama kamar aku kalo bangun tidur. Berantakan, kek kapal pecah. Mungkin karena ini kamar orang laen kali yah jadi harus langsung diberesin gitu. Hoho so good dah Bun, yang udah ngerapiin, sorry ngga bantuin, lagian juga aku kalo mau beresin kamar semaunya aja. Kalo aku yang beresin nanti aku diprotes juga sama yang punya kamar. Euh, udah tau marahnya ituloh nakutin, sampe-sampe gunung gede aja bisa dia pindahin kerumahnya. Kata dia sendiri pernah bilang gitu, wekaweka.
     “Sarapan, sarapan, makan...” aaaaa males dah kalo udah ada yang nyuruh-nyuruh makan gitu, lagian belum laper. Kalo laper juga bakal ngambil makan sendiri. “makan Nde!” suruh Ubun “iyah sok aja Bun, belum laper” jawabku nada mengantuk. Udah mandi bukannya seger ini malah ngantuk, nih muka masih ditutupin bantal aja.
     “Bun latihan dulu yuk akh, lari pagi kek orang laen tuh” ajak ku agak canggung. “gausah pake sendal atau sepatulah, kita nyeker aja” tambahku “yaudah atuh ayok! Tapi asa malu” jawabnya. “CFD di nde mah kebanyakan ngga penah pada pake sepatu, adanya pake sendal atau nyeker Bun”. Jawabku meyakinkan.
     Sepulang dari CFD langsung disuruh sarapan bubur, iyeh tenang aja aku bakal makan bubur lagian udah kerasa laper kok. Packing. Udah siap, langsung cussss berangkat hiking, berawal menuju gunung Putri buat simaksi. Naik angkot??? Yaelah kirain mau naik mobil pick-up lagi?? Tak apalah mereka yang ngurus, aku cuma ngikut aja.
     Sesampenya di gunung Putri, aku ngawalin perkenalan keteman-teman baru, tadinya ngga mau kenalan sih.. tapi dari pandangan aku kayaknya untuk memulai percakapan yang lebih dekat dan nyantai harus kenalan dulu. Biasanya sih aku gausah kenalan dulu udah bisa membaur kek deket lama aja sama orang baru, namanya juga setiap orang berbeda-beda Nde, ga ada yang sama, kalau ada yang sama juga mungkin itu kebetulan semata.
     Perjalanan hiking kali ini sungguh berbeda, sangat berbeda. Enak ga enaknya berasa banget, ngga kayak waktu season 1, yang ga enaknya gampang banget diblur. Lah sekarang? Yang ga enaknya, susah difilter. Hoho skiplah yang ini agak privasi.
     Nyampe juga nih di Surken (Alun-Alun Surya Kencana), perjalanan yang lebih cepat dari Season 1, berangkat jam 10 nyampe-nyampe asharlah kalo gasalah jam 4tan mungkin? Aku lupa. Alahmdulillah ada peningkatan juga. Hihi..
     Gogoleran di Surken adalah hal yang sangat menakjubkan, bersyukur sekali aku bisa menginjakkan kaki dan melihat ciptaanNYA dengan lebih dekat, menghirup udaranya, menggenggam erat airnya saja aku terlena seperti berada disurga duniaNYA, disuguhi pemandangan alam yang nyata dan hawa sejuk, mana ada dirumah nemuin hawa sejuk kek gini?  yang ada Gerah! Gelisah! Mumet! Muak! Dengan orang-orang dalam rumah. Tapi semua terlihat baik-baik saja.
     Yeach!! Kali ini aku yang masangin tenda, dengan dibantuin teman-teman yang lainnya. Kerja sama yang menyenangkan! Menyalakan api unggun kecil, bermain ditengah malam, bercanda didinginnya gunung, menebak bentuk langit, aku merasakan berkemah yang sesungguh-sungguhnya. Subhanallah.
     Hanya saja setiap malam aku selalu merasakan kedinginan hebat, namun aku yakin ini bukan hipo? Mungkin, tubuh ini sedang menyesuaikan dirinya dengan hawa disini, memulai berteman dengan cara yang salah yang dianggap orang lain aku hipo. Aku yakin ini hanya sesaat, jika jiwaku sudah bersahabat dengan keadaan ini mungkin aku tidak akan merasakan hal seperti ini lagi.
Terimakasih Bun, pelukanmu selalu menghangatkanku. Maafkan aku yang selalu merepotkanmu, aku berjanji tidak akan melakukan hal yang sama lagi. Jika Allah sudah mengijinkannya.
     Hal yang membuat aku merasa menjadi seseorang yang sangat beruntung adalah dimana ketika aku bisa menyembahMU, bersujud didepan ciptaanMU, dan meni’mati aroma alami yang KAU suguhi untuk hambaMU, inginkan aku selalu terus beribadah ditempat ini, dipinggir sungai layaknya seperti surga, hati yang terus bershalawat, dengan limpahan dosa yang aku miliki. Aku merasa kecil dan hina, maafkan aku Robb.
     Suara ayam dipagi hari memang tidak terdengar disini, mungkin jikalau ada ayam gunung? Mereka tidak menampakan suara emasnya. Halah.. ngaco apa aku? melihat sunset lebih dekat, embun yang membekukan rumput-rumput disekitar Surken, hingga bunga edelweis pun kedinginan, ingin aku memetiknya dan memeluknya erat dari genggamanku agar kamu merasakan kehangatan tanganku Hey bunga abadi, namun norma tetap berlaku, mau tidak mau ikutilah perintahnya.
     Kamipun menuju ujung gunung, untuk melihat wajah-wajah gunung yang lainnya, begitu menakjubkan. “Nde, kamu mau teriak?” tanya Ubun “mau, dan itu harus” jawabku ragu. Akupun menuju seperempat jurangnya, ingin melihat lebih bawah, hanya saja aku tidak ingin membuat orang-orang khawatir akan aku “tapi kenapa tidak jadi?” tanya nya lagi “aku sedang tidak ingin teriak Bun, mungkin nanti saja” jawabku. Entah apa yang membuatku merasa begitu malu, ketika berhadapan dengan gunung ini lagi, aku rasa aku tidak akan bertemu dengan kamu lagi, tapi nyatanya kita bertemu lagi, subhanallah. Tetaplah menjadi kamu yang selalu berdiri tegak, menjulang langit, menembus awan, dan membuat orang-orang selalu tersenyum saat melihatmu, tanpa terlihat adanya kearoganan yang kamu miliki, hey gunung. Aku ingin menjadi sepertimu. Akankah bisa? Itulah harapan hatiku saat menatapmu.
     Cahaya mentari yang begitu terang menembus jiwaku, menghangatkan raga yang terbaring dihamparan rumput dengan sejuta pesonanya, inikah yang dinamakan rumput-rumput yang bergoyang itu? Ingin aku bertanya, seberapa lama kamu meni’mati kemewahan yang Allah ciptakan untukmu? Begitu beruntungnya kamu wahai rumput.. Menghadap gunung pangrango, menatap dalam khayalku. Kapan aku bisa kepuncaknya?
     Teman-teman sudah mulai packing, untuk menuju puncak gede dan pulang menuju kaki gunung. Namun, aku masih saja terdiam meni’mati indahnya panorama yang jarang ditemui ini, bersandar pada ubun sambil melihat sekelompok orang yang sedang asyik berfoto ria, mereka bermain tertawa, melihatnya saja aku sudah merasakan kebahagian yang mereka kirim melalui semilir angin dipagi hari.
     2hari 1malam.. berasa cepet banget, pengennya diem lama digunung. Tapi gamau jadi penunggu juga sih. Bergegas menuju puncak gede pukul 10pagi dengan rasa yang tak menentu. Mereka masih tertawa, itulah yang membuatku terus semangat, meski jiwa kupaksa untuk terus berdiri bangkit melawan rasa lemah yang seketika muncul tanpa permisi. Bukan aku orangnya jika aku tak berani, dan takut melawan apa yang aku takuti.
     Puncak gede terasa hambar, tanpa adanya buah yang menggantung dipohonnya. Aku lupa nama buahnya apa? Namun kalian harus ketahui, buahnya itu enak, matengnya itu warna item, meski rasanya ga karuan. Sayangnya waktu itu buahnya masih ijo kecil kecil, aku nyari-nyari ke semua pohon gada 1pun yang tumbuh, mungkin belum panennya kali? Bersyukurnya aku pernah merasakan keni’matan buah ini pada musim lalu. Tak apalah kali ini aku tidak merasakannya lagi setidaknya melihat kawahnya saja aku sudah merasa bangga.
     Setelah puas dipuncak gede, kitapun langsung melanjutkan perjalanan. Rasa letih membuat kita berhenti sejenak untuk menstabilkan nafas yang ngos-ngosan dan mengatur barang bawaan juga. Tebing Setan. Akhirnya sampai di tempat ini yang aku suka. Berpegangan pada tali tambang, aku merasa bergelantungan ditebing kawah yang panas. Hoho khayalku terlalu kamana kareup.
     Kandang Badak. Tempat istirahat, sekaligus ada juga yang berkemah disini. Suasananya gelap sejuk, ada WC nya pula. “shalat dulu atuh” suruh A Utong “iyah A mau, ayok Bun!” jawabku seraya mengajak Ubun. “Bun, Nde duluan yah ke Wc nya ga kuat pengen pipis” tuturku buru-buru
     “Ubuuuuuuuuuuuunnn..” teriakku didalam WC “kenapa Nde?” jawab Ubun kaget “masa iya aku 1bulan 2kali? Aku ngga bawa roti Bun” katakku dengan penuh risih “HAH? Bukannya baru kemaren?” jawabnya terkejut “Nde juga gatau, baru kali ini, Nde normal ngga sih Bun?” tuturku ketakutan. “normal kok, Ubun ge pernah. Mungkin kamu kecapean” jawab Ubun santai “ah masa iya? Trus aku gimana dong?” penuh kebingungan “nanti minta aja sama Teh Mpi” jawabnya simple. “ah ogah, malu Nde” jawabku ragu. Alhamdulillah nya sih Allah ngasih ide sama aku. “syal!”. “iya terserah kamu sih” jawab Ubun pasrah. Waktu hiking season 1 Ubun yang teriak, sekarang malah Nde yang teriak kek gini, halah.. ada-ada aja, ini sangat menyebalkan dan merujitkan. Tapi mungkin menurut Allah ini yang terbaik untukku.
     Perjalananpun kembali dilanjutkan dengan perasaan was-was, namun tetep positif thingking. Biar aura positif masih tetep melindungiku sepanjang perjalanan pulang. Allah disisiku.
     Kandang Batu. Biasanya setelah melewati tempat ini aku melihat hewan-hewan yang bergelantungan, tapi kenapa sekarang tidak ada? Terus saja aku melihat ke atas dan mencari-cari namun tetap saja tak ada, tak nampak terlihat hey kamu monyet!
     “Nde, nanti pegangin aku yah pas di air terjun panasnya” kata Ubun. “ouh iyah siap Bun” jawabku sigap. Akupun menuntun Ubun dengan perlahan, memegangnya secara hati-hati, meski hati ini gaderegdeg takut Ubun kenapa-kenapa. Be positif Nde!
     Saat ditengah perjalanan, aku keinget sama orang-orang yang jalannya itu suka rusuh, kek buru-buru, nurugtug gitulah.. kayaknya seru kalo aku ngelakuin hal yang sama pikirku. Aku dan Iman jalannya nurugtug gitu diikuti Ubun yang sama melakukan hal yang sama. Hoho jangan ngikutin kita Bun, takut Ubun kenapa-kenapa, tapi Ubun masih saja ngikutin dari belakang sampe akhirnya Ubun bisa nyiap kita. Weiys?? Keren!! Prokprokprok.
     Kita udah ninggalin teman-teman kita dibelakang yang kayaknya udah ketinggalan jauh banget, maka dari itu kita dapet istirahat banyak sambil nunggu mereka.
     WHAT? Ditengah hutan gini ada kucing? Gila!! Kamu butuh berapa jam buat bisa nyampe sini meng? Iman malah maen-maenin aja tuh kucing hutan, manggil-manggil gitu. “ini mah kucingnya bersih, ngga kayak kucing biasanya” tutur Iman. Yaiyalah orang kucing sering mandi ngga kayak kamu Man, cerocos hatiku sambil ketawa sendiri. “Meong meong terus kucingnya, pengen makan kali?” katakku “bukan, dia itu sedang ingin berteman sama kita, beradaptasi gitu” tembal Iman. Halah masa iya? Akupun langsung ngasih biskuit sisa makanku saat di perjalanan, tapi kucing itu malah nolak. Yaelah nih kucing dikasih kok ogah? Udah kenyang apa meng? Atau emang kamu ga suka biskuit? Trus mau kamu apa? meong-meong terus? Jangan-jangan nih kucing jelmaan apa gitu? Wussssss... astagfirullah Nde, positif thingking! “tuhkan gamau makan, mungkin kucing ini tersesat” jawab Iman sekenanya.      Iman malah ngajak-ngajak tuh kucing, tapi kucing itu gamau ikut Iman, anehnya pas aku panggil tuh kucing dia baru nurut dan ngikutin aku, udah gitu deket-deket aku lagi. Hoho ada apa dengan kucing ini? Berkali-kali Iman yang panggil kucing itu ngga nyahut, pas kucing itu diem terus aku panggil, malah langsung lari ngedeketin aku. Ini yang salah kucingnya atau suara akunya sih?? Atau mungkin suara aku mengambil hati kucing itu? Hoho ngawur aku..
     Tapi yang bikin aku kaget tuh kucing malah makan daun coba? HAH?? Kucing macam apa kamu? Sejenis vegetarian kah??? Allahu Akbar.. Lumayan jauh juga tuh kucing ngikutin kita, niatnya kita sih mau bawa tuh kucing kebawah lagi, kasian kan dia sendiri dihutan gini. Sayangnya ada orang yang hiking jalan sendirian yang berpapasan sama kita gatau siapa malah melempar tuh kucing sama batu, sama tongkat yang ia pake juga. Syaraf!!!!! gila tuh orang! Tadinya dia nanya sama kita syukur-syukur dijawab, tapi gatau terimakasih banget, udah tau kita lagi sama hewan malah kucing tuh diusir dengan cara ga wajar. Tau gitu gausah jawab pertanyaan anda. Sama hewan kok sadis bener bang? Kucing itu langsung berlari, membalikan arah, menjauh, dan tidak mengikuti kita lagi. Anjis tuh orang! Gara-gara luh!! Astagfirullah Nde, sabar nak. Udah ngga apa-apalah, Cuma gegara kucing kok ampe segitunya, hal sepele. Jangan diperpanjang. Lupain! Okey?
     Akhirnya kita nyampe dipertigaan. Aku gatau nama pertigaan ini apa? Pos gitulah. Istirahat sejenak, sambil menunggu teman-teman yang masih diperjalanan. Ngga lama kemudian tuh kucing udah nongol aja menampakan dirinya, mungkin dibawa sama temen-temen, bisa jadi juga tuh kucing ngikutin mereka? Hoho tanda tanya banyak nih diatas kepalaku. Akupun langsung kasih roti aja tuh kucing, kasian takut dia capek atau laper abis dari atas. Tapi tetep aja dia gamau makan. heumm.. mau kamu apa sih meng? Jangan bikin orang sia-sia atas perjuangannya loh hihi..
     “ada yang sakit ga?” tanya seorang laki-laki yang ternyata itu tenaga medis. “ngga ada pak” jawab Iman tegas. “ini rombongan dari sekolahan bukan?” tanya salah satu petugas medis. “bukan pak, kami mah dari Cipanas” jawab Iman. “ouh kirain teh dari sekolahan, soalnya ada yang sakit” tutur petugas medis itu. Astagfirullah, duh? Aku langsung kaget dong? Kasian mereka, mangkaning masih jauh diatas sana? Semoga aja mereka baik-baik aja. Aamiinn..
     Uuuuhhh.. aku cemburu liat tuh kucing dipangkuan orang laen, dielus-elus, difoto-foto gitu. Si meng nya nyantei gitu lagi, udah kek berasa raja aja luh meng. Tadinya aku mau ngajak dia kebawah, tapi aku ga berani akh, udah liat mereka senang gitu. Yoweslah ga apa-apa semoga lain kali kita ketemu lagi yah meng, bhaaaayy~
     “aksesorisnya bagus Nde” canda A Utong. Hoho maksud aa sampah yang menggantung dicarriel aku? Heumpp.. aku sedang belajar menjadi pendaki yang baik, yang bisa menjaga merawat ciptaanNYA, dan yang tentu dicintai sama Allah. Aamiinn..
     Alhamdulillah aku, Ubun, dan Iman lebih dulu nyampe ke garis finish, hahaydeuh.. meski sepanjang perjalanan tuh Ubun sama Iman moyok aku terus. Hina aku sepuasmulah, sakareup kalian. Hehe..
     Sebenarnya sih aku pengen langsung pulang aja kerumah, tinggal nunggu bis malem nyampe deh rumah, tapi ngga jadi pulangnya aku kasian sama Ubun, jadi khawatir anak cewe cantik pula pulang malem sendirian lagi? Gila! Ga tega kan ngeliatnya juga. Takut terjadi apa-apa dijalan, kalo terjadi hal yang ngga diinginkan? Nahloh? Kita-kita juga yang disalahkan. Oh no! Tidak ingin itu terjadilah. Kalo aku pulang malem? Aaaa sabodo amat, ngga mungkin ada yang ganggu, yang ada mereka takut aku. Haha kepedean? Eiysss keyakinan aja berani.
     Pas nyampe nih di rumahnya A Utong, kita diem-diem dulu aja selonjoran diteras, ampe nunggu panduan selanjutnya dari A Utong. Tapi gatau siapa ada cowo aja nangkring diatas vespa depan kita. Diliat-liat kek aku kenal, tapi siapa gtu, mulai memfokuskan mata, halah ternyata A Agus toh? Hihi lagi-lagi dia ada menghangatkan suasana, si Ubun yang dari tadi cemberut kek tutut itu jadi ketawa dan nyorocos pas A Agus menjepret kita dengan lensa kameranya itu.
     “misi mas” salah seorang laki-laki menyapa A Agus “ouh iyah maaf-maaf, silahkan” jawab A Agus dengan kagetnya dan turun menghindar motor vespa antik itu. Haha kirain tuh vespa miliknya A Agus ternyata bukan toh? A Agus pun terlihat agak kebingungan atau malu ketang? Wokwok..
     Cacing perut mulai berontak, menggedor-gedor dinding kulit perut, berteriak keras, dan menarik usus-ususku yang tak berdosa, akupun langsung mengajak Ubun buat nyari makan dan meminta izin “A, Nde nyari makan dulu yah” pintaku pada A Utong. Pengennya sih bakso yang pedes level 10, tapi kasianlah ngajak Ubun jalan malem nyari bakso muter-muter tapi kagak ada, takutnya dia udah letih. So nyari makan yang ada aja. Mie ayam. Kenyang. Tuh cing udeh aku beliin apa yang kamu minta, jangan rusuh lagi yeh? Malu nih dikampung orang. Nanti aku ngga kasih makan baru tau rasa kau cing..
     “diwarnetnya lagi ada si om, jadi tidurnya kita kebawah aja” tutur A Utong. aku hanya mengangguk saja tanda setuju. Sebenarnya aku juga masih bertanya-tanya, ini mau diajak kemana? Jalannya pajuliweut banget, belok kananlah belok kirilah luruslah nyengsollah? Ngga paham.
     Dan akhirnya HAH??? Aku kaget setengah mati dong? rumahnya? Ini rumahnya? Ini rumahnya teman-teman baruku, mereka pada kumpul disini? “hey kesini juga, sini-sini masuk kedalem, nginep disinikan?” kata Nita. “ayok masuk neng!” ucap seorang wanita setengah baya. “cepet masuk gih!” suruh A Utong. Ngga tau kenapa nih kaki dengan sendirinya aja melepas sepatu yang aku pake, lepas kendali, hey stop! Jangan berjalan kearah depan! Ada apa dengan kakiku??? Berani sekali kamu! Gatau malu! Berhenti!!!
     Aku pun masuk kerumah itu diikuti Ubun dari belakang. “bu, nitip ini” tutur A Utong dengan nada sedikit berbisik, namun aku mendengarnya. “iyah, teu nanaon sok aja” jawab wanita baya itu, yang jelas-jelas adalah ibu kandung dari Teh Mpi itu sendiri. What?? Nitip?? Apa maksud dia? Lagi-lagi aku diperlakukan seperti barang macam ini. “nitip? Maksudnya apa a?” tanyaku pada A Utong “udah, tidur disini aja. Buat celana kamu, mungkin bisa..” “yaudahlah kalem, aku bisa ngatasi baju” sela ku dengan nada datar. Maafin Nde a, udah bikin ngga enak hati aa nya. Hoho.
     Iya begitulah namanya juga sosok orang tua pasti banyak nanya gitulah, apalagi sama 2anak cewe kek kita gini. Hadeuh.. gatau dah harus jawab apaan. Ngangguk sama ketawa aja mungkin bisa menjawab pertanyaan si ibu. Emhemh..
     Disuruh mandi. Aaaa digunung juga kagak pernah mandi? Sosoan mandi nih aku, baju kotor dipake tidur. Tetep aje kek belum mandi. Kasian kasurnya ditidurin sama baju kotor. Huek! Maafin aku sur terpaksa ini juga.. “makan dulu atuh neng” ucap wanita baya seraya menyiapkan santapan makan malam keruang tamu. Aku sih diem aja ga nyaut, lagian belum laper. Nyantei-nyantei aja dikamar sosoan beresin isi tas. Eh apa-apaan ini? Maen dudut-dudut aku aja? “ayok makan dulu buruan akh!” suruh Teh Mpi sambil menggiring aku ke tempat makan. “duh? Belum laper” kataku sambil memelas. “kalo ngga makan mah atuh ngga ngehargain sama ibu teh” tembal wanita baya itu. Astagfirullah, sumpah ngga bisa dah sama yang namanya orang tua mah apalagi kata-katanya setinggi itu, ngalah deh okey, kapaksa njir!! Ituh yang namanya piring udah disediain nasi aja mangkaning banyak deuih? Ari aku belum laper? Kumaha atuh tulungan..
     Subhanallah dah ngeliat keluarga ini, keliatannya rukun gitu yak? Sakinah mawardah warohmahnya ituloh berasa banget. Makan malem bareng-bareng kumpul anak, cucu, sama menantunya. Nonton acara Tv bareng-bareng. Bercandanya ituloh?? apalagi ada anak cewe kecilnya bikin suasana makin ceria aja. Sederhana dan banyak cinta. Yang kek gini nih belum aku dapetin dirumah. Kapan aku bisa ngerasain kek gini? Aku cemburu. Lagi-lagi aku selalu cemburu pada kehidupan keluarga orang lain yang begitu damai sempurna. Apa kabar dengan keluargaku? Apa keluargaku bisa berubah menjadi lebih baik? Mustahil! Sebelum pemimpin keluargaku meninggalkan dunia. Skip keras! Gasukalah!
     Cacing-cacing diperutku mulai menggeliat, teriakannya seakan menyakitkan kulit perutku. Jika cacing itu bisa berbicara mungkin dia akan berkata seperti ini “Woy!! perut gue udeh bulet! Ngapain diisi lagi? Menuhin lambung aje, sempit nih!! Sesak nafas gue. Berhenti makan!!” haha maafin aku cing, aku terpaksa kek gini cuma demi sosok ibu yang kata-katanya udah setinggi itu, aku suka takut. Aku juga udah ngerasain mual, ngga kuat ngunyah. Tapi ini nasi dipiring lama abisnya cing. Kepaksalah aku goyang-goyang badan biar agak longgaran gitu, ini nasi masih harus ditampung dilambung cing. Maafin aku, sumpah ini kepaksa dah.
     Selesai makan. Megang-megang perut. Sakit. Nih cacing masih teriak-teriak aja, bisa diem ngga sih lu cing. Nanti takut dikiranya aku masih laper lagi. Udah tau ini suara sakit. Butuh obat, tapi ga sanggup masukin makanan atau minuman lagi. Angkat tangan dah. Tidur juga ga puguh banget kalo sakit gini mah, lagian belum ngantuk. Tapi temen-temen yang laen udah pada tidur aja. Pengen keluar dari kamar juga takutnya disangka ape-ape. Maksain tidur sambil nahan perut sakit. Allahu akbar.
     Ini jam berapa? Ngapain sih cacing nonjok-nonjok perut aku? Ampe kebangun gini. Liat jam masih pukul setengah 3. Ditidurin malah makin berontak nih cacing. Keparat! sakit buat bangun, kayak dipulintirin nih usus. “Bun, bun. Nde ke kamar mandi yah” kataku sambil menggoyangkan badannya. Ubunpun langsung memakai kacamatanya dan melihat jam di handphonenya. Ia hanya mengangguk saja dan tertidur lagi.
     Keesokan harinya. Aku paling telat bangun. Yo wajarlah semalem aku paling menderitanya. Tapi kan ini beungeut mau dikamanain?? Malu dong apalagi sama si ibunya. Huanjrit!! Semoga aja ngga liat aku yang masih tidur tadi. Bodo amatlah lagian sekarang aku mau pulang ini.
     “Makan.. makan..” teriak orang rumah. Baru aja nih perut dinetralisir semalem, masih agak sedikit sakit. Udah disuruh makan aja. Yang sabar yah cing. Akupun ikut makan aja sehabis mandi, soalnya takut si ibunya ngomong yang laen-laen lagi. Suka takut, seremlah ucapan seorang ibu didunia ini.
     Waktunya pulang, aku sama Ubun pun pamit sama orang rumah, dan pastinya pamit sama A Utong yang udah ngelakuin hal semua ini. “nambah baraya” 2 kata yang dia lontarkan saat mengantarkan kita akan menuju pulang. Yes. Alright!
     Tuhkan!!! Tadinya aku pengen naik bis dari cipanasnya biar rada murah, kan aku lagi ngirit!! Naik angkot mah jadi mahal!! Aaaaa dompet aku dempes. Udah tau nyari duit susah! Ini malah dihamburin gapenting.
     Yaudahlah Nde, kadang kamu emang harus ngorbanin sesuatu hal demi temen kamu. Bukannya kamu sudah terbiasa seperti itu? Lagian kamu juga ada project kan di alun-alun? Ambil sisi positifnya dong! Gausah kesel kek gitu. Sabar. Nanti juga uang dateng sendiri, terbang menemui kamu. Kalem. Yaudeh. Okey aku percaya kamu aura positif. Maafin Nde. Makasih udah selalu ngingetin Nde pas saat-saat kek gini. Sayang kamu. Love.
    

TAMAT

Mau tau keseruan video nyah?

Mau tau hasil jeprat-jepretnya?
Please, click here to see pictures 

Terimakasih sudah membaca cerita dan menonton video absurd saya hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar