Selasa, 20 Oktober 2015

Gn. Papandayan Garut


Masih inget banget waktu pertama kali hiking ke Gunung Gede Pangrango (03 Maret 2015). Kaka pemandu itu pernah bilang sama NdeBulan nanti saya bakal ke Gunung Papandayan. Mau ikut?” ucapnya. Hah? Aku kaget dong diajak ke Gunung Papandayan yang aku ngga tau itu gunung dimana tempatnya, lagian aku juga ini baru pertama kali hiking. Gila. Ini aja belum nyampe puncak bos, belum tau apa aku bakal kuat atau ngga. Ini udah diajak ke gunung yang laen aja, yang aku belum tau treknya kek gimana. Aku cuma bisa diem aja sambil mikir, pengen sih ikut kesana, tapikan.. banyak sekali alasan yang tak bisa aku sebutkan satu persatu, salah satunya Izin Allah. “Didaerah Garut, gimana Nde?” tanyanya membangunkan lamunanku. “Wisss.. Lumayan jauh juga yah A? Nanti Nde pikirkan lagi deh” jawabku penuh keraguan. Namun beberapa bulan kemudian..
“Nde, ada yang ngajak upacara tujuh belasan digunung. Mau ikut?” ajak kaka pemandu bernama Utong yang udah aku anggep kek ke abang sendiri, mungkin karena udah kenal lama kali yeh? Jadi so deket banget gitu. “Serius? Gunung mana A dan tanggal berapa?” jawabku lewat chatting facebook. Wah kayaknya bakalan keren nih upacara digunung aku kan belum pernah banget, biasanya cuma upacara disekolah aja, membosankan. “Gunung Papandayan Garut, 14-16 Agustus tapi itu juga belum pada fix sih” penuh keraguan. “14 Agustus kan hari Jumat? Aku pasti ngga bisa A” jawabku menambahkan sad emoticon. Masa iya aku harus minta izin sama atasan? Udah tau aku masih jadi anak baru kerja disini. Gini nih resiko punya kerjaan ditempat orang susah nyari hari libur buat maen, kalo punya usaha sendiri kan enak yeh bisa sesuka hati, tanpa aturan juga no problem yang penting bisa ngemanage doang kan kelar tuh. Cuma buat dapet modalnya itu tuh harus kerja ditempat orang dulu. Sabar, tetap semangat Nde! “Yaudah nanti dikabarin lagi deh kalo udah fix” balasnya. Nah dari mulai situ tuh aku ngga bosan-bosannya terus berdoa supaya dikasih izin sama Allah buat hiking ke Gunung itu.
Hah? Tamu bulanan? Gimana nih? Allah ngasih izin ngga sih yah? Kalo misalkan hiking dalam keadaan kek gini kan bisa repot, mau buang barang dimana coba? Masukin tas? Gila!! Dibawa pulang lagi? Aaaa rujit!! Gini nih kalo jadi cewe. Halaaaaahh...
Kita udah rundingin fix nya tanggal 15 Agustus Nde, namanya juga acara orang yah ngikut mereka aja. Kalo acara sendiri mah nyari tanggalnya menurut kita, cuma sedihnya 1 hari aja Minggunya udah pulang lagi soalnya mereka ada tuntutan kerja” jelasnya. Hah? hari Sabtu? Masih ada hari kerja. Mana bisa aku? 16-17 itu kan hari libur baru aku bisa. Ya Allah izinin Nde hiking, Nde belum pernah ke Gunung Papandayan, pengen silaturahmi sama ciptaanMu di Garut. Aamiinn.. “Duh? Hari Sabtu yah A? Nde belum fix yah, nanti dikontek lagi deh” kataku.
Ngga ada bosan-bosannya terus banyak berdoa minta izin sama Allah buat berangkat kesana. “Hari Sabtu dokter ngga bisa praktek, jadi ditutup dulu, Nde mau pulang atau diem disini?” ucap Aneu, partner kerjaku. “Serius kamu? Aku mau hiking” responku cepat. “Hiking? Kemana? Ntar aku pulang sendiri dong?” jawabnya males. “Gunung Papandayan Garut, yaudah kamu ikut hiking aja, gimana?” tawarku. “Ih ogah apaan naek-naek gunung? Bikin capek sendiri aja, ngga suka deh sama cape-capean ngga jelas, yang ada aku baru jalan dikit aja udah pingsan duluan kali” ucapnya sambil meninggalkanku. “Yaelah Neu, setiap orang punya cara tersendiri buat menghilangkan penat, bersahabat dengan alam itu lebih menyegarkan arti hidup daripada berteman dengan Plaza yang ada ngabisin duit tanpa makna” jawabku seadanya. “Ah sama aja ke gunung juga ngabisin duit, setiap orang punya cara tersendiri buat menghilangkan penat, resapi tuh ucapan sendiri” tembalnya. “Ah luh paling bisanya ngebalikin kata, yowes terserah berarti kamu harus belajar pulang sendiri, tanpa ada yang nemenin dan ngejagain kamu dijalan” jawabku sambil tertawa kecil. “Gapapa aku berani kok sendiri” jawabnya ragu. Haha aku hanya mampu tertawa melihat raut wajahnya yang sekejap berubah menjadi kebingungan, meski iya sebenarnya kasian juga liat tuh anak. Apa boleh buat? Aku ngga boleh sia-siain kesempatan ini. Dan yaps! Intinya Allah ngasih izin aku? Alhamdulillah.. Tamu bulanan udah pulang, hari Sabtu libur, yeach kadang yang dadakan itu lebih mengasikan daripada yang direncanakan. Kadang-kadang yeh haha..
“Nde mau kesini jam berapa? Soalnya kita berangkat jam 10 pagi” tanya A Utong. “Sabtu pagi aku kerumah Aa palingan nyampe jam 9an” jawabku. Keesokan harinya sekitar pukul 8 pagi A Utong udah nanyain posisi aku dimana, mungkin dia takut aku telat atau apalah, tapi aku merasa itu tidak mungkin karena aku udah memanage waktu dengan semaksimal mungkin, meski sebenarnya agak sedikit ngga tenang gara-gara hal yang ngga diduga, yaps macet! Tapi untungnya kendala itu tidak menghambatku untuk sampai tepat waktu dirumah A Utong didaerah Cipanas.
“Assalamualaikum” ku ucapkan salam setiba dirumah A Utong, memasuki rumahnya dengan perasaan yang ngga jelas, kulihat ada beberapa orang yang sedang menatap layar monitor dengan jari yang terus berkutik pada sebuah keyboard hanya untuk memainkan games murder. Mereka melihatku yang hanya mematung didepan pintu dan menjawab salamku dengan nada pelan. Kuberanikan diri untuk bersalaman dengan mereka iyaps! dengan orang-orang yang belum sama sekali aku kenal.
“Mana A Utong?” tanyaku pada salah seorang laki-laki yang sangat asyik bermain games dengan semangatnya. “Lagi packing dikamar” jawabnya tanpa melirik sedikitpun kearahku. A Utong pun keluar dari kamarnya dan ku hampiri dengan menyodorkan tangan tanda sebuah kesopanan. Aih? Rambutya ituloh udah panjang lagi aja alias gondrong, berapa bulan kagak ketemu coba tau-tau rambut mohawknya udah ngga keliatan lagi aja. Keren.. “Eh biasa aja salamnya” ucapnya. Ku hiraukan kalimat yang baru saja ia keluarkan dari mulutnya.
 “Mau keluar dulu yah bentar, tunggu aja disini sambil Nde packing dulu aja” kata A Utong sambil memegang helm kesayangannya, sepertinya, yang  berwarna merah muda. Hah? Merah Muda? Serius nih A? Haha Pinky Boy.. Konyol.
Menit demi menit terlewati, jarum jampun terus berputar sampai pada akhirnya waktu yang sudah direncanakanpun diterobos. Iyaps melewati pukul 10.00 pagi. Kemana sih si Aa lama banget, suka ngaret yah orangnya? Aku hanya menunggu kedatangannya. Sesekali aku mengajak ngobrol orang-orang yang terlalu asyik memainkan komputer, sampai akhirnya tak ada pembahasan lagi dan aku memutuskan untuk sejenak berbaring ditempat tidur. Dih? Nde mah kek dirumah sendiri aja yah, maen tidur dikamar orang lain, tanpa minta izin dulu lagi? Ngga tau malu banget sih.. Biarin atuh da Nde mah suka gitu, cuek lagi orangnya. Haha.
“Nah loh, malah tidur masih pagi nih” ucap A Utong membangunkan tidurku. “Abis nunggu lama sih A, udah jam berapa coba? Ngaret nih” jawabku masih sedikit mengantuk. Ia pun menyiapkan barang-barang dan memasukannya pada sebuah carriel, sesekali ia pun membantuku merapihkan barang bawaanku yang masih terlihat acak-acakan, kalo kata A Utong sih ngga enak banget dilihatnya. Iya mungkin? “A, Teh Devi ikut ngga?” tanyaku disela-sela saat A Utong menyusun barang-barangnya. “Dia teh pengen, cuma biasalah orang tuanya ngga ngijinin, tau sendirikan mamanya kek gimana?” jawabnya. Hem, kasian juga yah Teh Devi. Mungkin Allahnya belum ngijinin Teh. Sabar yah. Semua akan indah pada waktunya kok.
“Ayok berangkat!” ajak A Utong. “Kemana? Kan yang lainnya belum pada dateng A?” jawabku heran. “Mereka nunggu di terminal Cianjur Nde, kalo yang dari sini mah cuma kita berdua” jelasnya. Hah? Aku kira kumpul disini dan berangkat bareng-bareng, tapi nyatanya cuma berdua? Hoho.. kalo ngga salah sih pukul 11 kurang kita nunggu bis Karunia Bhakti jurusan Garut di Cipanas. Adzan dzuhurpun berkumandang dengan sejuknya meski terik matahari dipinggir jalan sedikit membakar kulitku tapi tidak dengan hatiku setelah meresapi suara adzan yang seperti bergema dilangit-lagit awan, tapi bis belum aja nongol lewat depan kita, ingin rasanya ngejalanin shalat dulu tapi takutnya bis lewat, dan ngga berani buat bilang sama A Utong nya, dikasih kode juga A Utong nya malah ngga peka, lagian aku hanya terus menyimak setiap cerita yang ia lontarkan sambil menunggu bis datang. Aku tau aku berdosa, yang sengaja sudah lalai, maafkan aku Ya Allah. Disela-sela menunggu bis, ada beberapa orang yang menyapa A Utong, dan mereka menatapku dengan tatapan yang sangat aneh, entah apalah itu artinya, aku hanya membalasnya dengan senyuman tanpa makna.
Bis pun tiba pada pukul ±12.30 siang, kitapun bergegas naik dan mencari tempat duduk yang nyaman, iyaps! Tidak terlalu padat didalam bis dan aku menempati tempat duduk diarah belakang yang berjendela terbuka, duduk sebentar untuk menarik nafas dan melanjutkan kembali pembicaraan yang sempat tertunda. Baru saja duduk dikursi ku dengar bisikan suara penumpang lain yang sedang membicarakan aku dan A Utong, huh, ku abaikan kalimat itu masuk telinga kanan dan ku keluarkan di telinga kiri. Sesampainya diterminal Pasir Hayam, Cianjur. Ternyata teman-teman yang katanya sudah menunggu diterminal itu ngga ada, apa mereka sudah duluan pergi kesana ataukah sebaliknya? Tanda tanya besarpun mulai bermunculan didalam otakku. Kenapa tidak berangkat bareng? Lantas hanya berangkat berdua? Gila! Ini diluar dugaanku. Aku hanya bersikap tenang didalam kepanikanku.
“Pengen ngeroko tapi ngga enak sama Nde” ucap A Utong dalam jeda percakapan. “Ih ngga apa-apa, lagian kalem aja A” jawabku santai. Iapun berpindah tempat duduk hanya untuk menghisap beberapa batang rokok, mungkin itu cara dia untuk sedikit menghargai aku yang tidak terlalu suka dengan asap rokok, pikirnya. Tapi sebenarnya aku mah suka-suka aja, ngga pernah banyak aturanlah temenan sama aku mah. Haha.. setelah ia puas bermain-main dengan asap rokoknya, iapun kembali duduk disampingku dan membuka pembicaraan lagi. Haha ngga ada bosennya emang yah tuh si Aa cerita mulu dari tadi. Tapi kini aku jadi mengenal sosok dia, ouh ini toh sikap asli yang namanya kaka pemandu yang disebut Utong itu, haha cerewet yah, bawel juga, kalo lagi cerita-cerita gitu dia kek ngga bisa berhenti yah, kalo ampe tuh mulut ngebudah apa bakalan berhenti ngomong? Haha kek emak-emak yah tapi asyik juga kalo lagi ngobrol meski kadang bahasanya atau jalan cerita yang dibahasnya kagak aku paham, kadang aku cuma ngangguk sama senyum-senyum ngga jelas gitu so ngarti tapi sebenarnya kagak haha tapi lucu kok kalo udah tau lebih deket sama nih orang hehe..
Namanya juga 8 jam diperjalanan, udah mah gerah macet lagi. Apalagi yang harus dibahas? Materi buat diceritainnya udah abis. Jadi haus yah a? A Utong pun membeli 2 botol aqua, tadinya sih 1 buat aku tapi karena aku bawa sendiri, jadi iyah dia minum tuh 2 botolnya. Haha kasian juga yah A Utong. Disuruh giliran aku yang bercerita, aku malah bingung mau cerita tentang apa. Soalnya aku ngga pandai bercerita sih, ngomong juga kadang aku susah, mungkin karena aku terlalu banyak melatih untuk merangkainya dalam sebuah tulisan. Haha terkesan lebay tapi emang beneran sih. “Mau makan? Atau mau jajan apa gitu?” tawar A Utong. “Engga A makasih, belum laper, lagian Nde mah jarang jajan” jawabku apa adanya. Iya beginilah aku, terbiasa dari masa sekolah ngga pernah jajan, uang jajannya disimpen dan ditabungin buat jaga-jaga kalo ada keperluan mendadak. Tapi iya gitu sekalinya jajan abis ratusan ribu dari hasil nabung itu. Gatau jajan apa atuh yah aku teh ampe abis ratusan ribu gitu? Iya biasalah uangnya cuma buat maen ngilangin segala macem rasa mumet beserta virus yang ada diotak. Hoho Nde ada-ada aja kamu mah.
Melihat keluar jendela dengan sejuta perasaan yang campur aduk, entah karena apa, antara positif dan negatif bersatu padu dalam satu waktu. Huh.. akupun menarik napas dalam-dalam dan akhirnya aku terlelap tidur di bis saat itu pula. Kadang jalan yang berlubang ataupun bisikan suara-suara dari berbagai arah membangunkan mataku yang sempat tertutup sejenak. Kulihat A Utong terlelap tidur dan menyandarkan kepalanya pada bahu kananku, mungkin dia sangat lelah setelah berjam-jam suaranya tanpa henti menceritakan sebagian kisah hidupnya padaku. Inginkan aku membangunkannya namun aku tak berani, biarkan saja sampai ia terbangun sendiri pikirku.
“Geraaaaah.. Panaaaas..” ucap A Utong sambil menggerakan kerah bajunya setelah ia bangun dari tidurnya, ia pun langsung meneguk hampir setengah botol air mineral. Aku ngga tau apa yang harus dilakuin, masa iya aku harus jadi kipas anginnya dia biar dia ngga kegerahan? Haha konyol..
“Kenapa?” tanya A Utong yang mungkin merasa tidak enak karena aku melihatnya saat ia meneguk air minum. “Eh, engga kok A” jawabku sambil memalingkan wajah. Uuuhhh.. maceeeett!! Sangat menyebalkan sekali, udah mah panas lagi. Ini posisi duduk udah berubah berapa kali coba? sumpah ngga enak pantat!! Huftt.. sabar Nde. Bentar lagi nyampe mungkin? Positif thingking.
Kumandang adzan ashar telah bergema, namun perjalanan masih belum berakhir, masih terjebak dalam lautan kendaraan dijalan. Sangat letih sekali, tapi karena kemauan yang keras untuk sampai di Gn. Papandayan tidak membuatku patah semangat, meski beberapa kali tidur dalam posisi duduk dan terbangun dalam keadaan terpaksa. Maafkan aku Ya Allah yang dengan sengaja aku melewatkan kewajibanku, aku yakin Engkau pasti memakluminya. Suara keras dibelakang kursiku melontarkan cacian pada dunia, sungguh diluar naluri, apakah suara itu tidak mengganggu? Justru sangat menggangu. Kasihani mereka yang dengan terpaksa harus berdiri lama tanpa sedikit waktupun untuk merasakan duduk sebentar melepas lelah. Apalagi ditambah dengan cuaca panas dan suara bising yang sebenarnya tak usahlah dikatakan, malah menambah derajat amarah saja bagi seseorang dengan mood yang buruk saat itu.
Aduh penuh.. Kita berdiri dong?” ucap salah seorang penumpang yang baru saja naik bis yang kita tumpangi. Beberapa penumpang perempuan itu memakai jlbab yang terurai sangat panjang dan begitu tertutup. Sepertinya mereka adalah orang-orang asrama pikirku. Teringat akupun pernah mengalami kehidupan seperti mereka, tapi sekarang? Desakan hidup yang membuatku harus keluar dalam zona itu. Setidaknya aku pernah belajar ilmu itu dan memilikinya untuk diamalkan pada keturunanku nanti. Batinku hanya tersenyum dan berdecak kagum ketika mereka menampakan wajah ketegaran dalam dirinya. Ingin aku beranjak berdiri untuk menukar posisiku dengan mereka. Namun aku tak kuasa untuk memulai percakapan semacam itu apalagi didekatku ada A Utong yang sedang tertidur pulas. Mungkin menunggu A Utong terbangun dari tidurnya aku akan bilang padanya. Tapi kok malah jadi A Utong yang duluan bilang gitu sih? Kan kesannya jadi kek aku ngga punya rasa kasihan gitu yah sama mereka. Hoho.. entahlah yang penting Allah lebih dulu tau kok hehe..
Engga usah pak, makasih” ucap perempuan berjilbab itu ketika A Utong menyilahkan salah satu dari mereka untuk bergantian duduk. Hah? Mereka panggil A Utong dengan sebutan bapak? Haha konyol, aku hanya tertawa dalam diam. “Iyah sok aja kalian duduk, lagian kita udah dari tadi duduk terus” jawabku. “Makasih yah teh, nanti kalo teteh pengen duduk lagi bilang aja” jawabnya. Aku hanya menatapnya dan tersenyum.
Malam hari, berisik, gerah, ditambah lagi macet membuatku ingin cepat keluar dalam bis ini, ingin aku menghirup udara yang sedikit agak segar tidak pengap seperti ini. Apalagi saat menghirup aroma tubuh sendiri. Hueeekkk!! Rasanya bau dan lengket. Ingin rasanya nyebur ke kolam renang. Aaaaa sepertinya itu hanya hayalan semata dimalam ini.
“Salak.. salak.. salak.. salak pondohnya bu salak Yogja pak, teh. Sok dicoba dulu, kalo ngga manis ngga usah dibayar. Sok dua rebuan 1 buah” ucap pedagang salak asongan itu. Kalau kalian tau yah itu tukang salak asongan maksa bener dah jualannya. Ngga liat tempat banget, udah tau ini bis penuh sama manusia yang berdiri tapi tetep aja ngedesek buat bulak-balik dari depan kebelakang terus kedepan lagi. Aaaaa pusing liatnya juga. Hufftt.. Namanya juga orang nyari duit yeh buat makan gimana aja weh caranya mah, meski yah seharunya ngga usah maksa juga kali bang nanti takutnya tuh rizki ngga barokah lagi. “Sok atuh bu haji beli salaknya buat oleh-oleh” kata penjual salak itu. Hah? Manggil aku bu haji? Aaamiiiinnnin aja deh, semoga beneran kesampean hehe. Si amang mah ada-ada aja duh?
Yeach!! Sekitaran pukul 20.30 WIB akhirnya ini bis nyampe diterminal juga, iyaps tempat pengakhirannya, aku lupa nama terminalnya apa yah? Pokonya di Garut deh, hehe.. Saat aku akan mengambil carrielku, salah satu perempuan berjilbab itu yang tak diketahui namanya melihatku dan bertanya “Teteh mau mendaki ke gunung? Gunung mana?”. “Eh iyah, ke Papandayan” jawabku sedikit kaget “Ouh, hati-hati yah Teh, aku duluan” ucapnya sambil keluar dari bis dan bergabung bersama teman-temannya yang sudah terlebih dahulu keluar dari pintu bis.
Ketika kaki ini menginjakan diatas tanah Garut, menghirup udara dimalam hari, sungguh begitu menyegarkan, ternyata lumayan banyak orang-orang yang akan mendaki ke gunung juga, mungkin memburu tujuh belasan juga yah? Ini sungguh subhanallah banget Ya Allah. “Kirain mereka udah nyampe duluan ternyata masih dibelakang, mereka kena macet dijalan juga” kata A Utong. Iyaps! Temen-temen kita beda 1 jam lebih telat keberangkatannya dengan kita jadi wajarlah jika aku dan A Utong lebih dulu sampai daripada mereka. Akhirnya menunggu, tadinya sih A Utong ngajak nunggunya diwarung langganannya disini gitu, tapi karena warungnya nutup mungkin karena udah malem kali yah jadi aja nunggunya di pos khusus penjagaan terminal gitulah.
Duduk santai ditambah ngisep rokok, duh keliatannya enak bener yah tuh A Utong. Mungkin itulah cara dia agar menghilangkan rasa bosan saat menunggu teman-teman yang masih belum nongol juga. “Maaf A kakinya bisa selonjorin ngga?” ucapku. A Utong pun melonjorkan kedua kakinya meski dia terlihat sedikit agak bingung, buat apa? Mungkin pikirnya seperti itu. Akupun menidurkan kepalaku dikakinya. “Kenapa Nde? Ngantuk? Tanyanya. Iya seperti itulah aku hanya mengangguk saja. “Dari tadi tidur terus, masa udah ngantuk lagi” candanya. Aku hanya tertawa dan memukul pelan betis kakinya. Beberapa bis sudah banyak berhenti diterminal ini, tapi teman-teman masih saja belum sampai, setengah jam menunggu akhirnya mereka nongol juga. A Utong menghampiri mereka, aku hanya duduk dan melihat mereka yang sedang bercakap-cakap dari kejauhan, entah apa yang mereka bicarakan, namun dari gelagatnya mereka seperti bertanya pada A Utong kemungkinan seperti ini “Nyampe jam berapa? Sama siapa kesini? Mana orangnya?” dan mungkin A Utong juga menjawab seperti ini “Kira-kira setengah sembilan, itu orangnya yang lagi duduk” sambil melihat kearahku dari kejauhan.
“Khudri” sambil tersenyum “Nde” jawabku singkat dan membalas senyumnya. “Saya Jay, ini istri saya Vina” sambil menyodorkan tangannya. “Nde” balasku. Inilah teman-teman baruku. Ouh ini temennya A Utong yang baru married itu? Pasangan suami istri yang masih muda yah. Haha keren, baru aja married udah diajak hiking aja. Semoga langgeng yah Aa sama Tetehnya. Aamiinn.. “Makan dulu yuk akh laper” ajak A Jay. Pukul sepuluh malam kita selesai menunggu mereka makan, aku sih ngga makan soalnya belum laper cuma ngeliatin orang aja yang lagi makan, meski udah beberapa kali ditawarin makan, ahsudahlah mungkin mereka belum tau siapa aku, hoho.. kalo A Utong sih seperti biasa minum segelas kopi panas dan beberapa batang rokok yang mampu menghangatkan dinginnya malam hari itu.
“Ayok lanjut ah berangkat!” ucap A Jay. Kitapun bergegas meninggalkan tempat makan tersebut. Kalian tau, sebelum kita berangkat ada salah satu ibu penjaga warung itu bilang dengan suara berbisik “Hati-hati neng nanjaknya, soalnya banyak yang ngilang disana, kemaren aja ada yang ilang orang Jakarta nyampe sekarang belum ketemu”. Hah? Astagfirullah. Serius nih? Ebusyet.. positif thingking aja Nde. Aku ngga tau apakah teman-teman yang lain mendengarkan ucapan ibu penjaga warung itu juga? Entahlah..
Kitapun mencari kendaraan untuk menuju Gn. Papandayan, ngga tau apa nama kendaraannya, dibilang angkot tapi kayak bukan bentuk angkot pada umumnya, pokoknya semacam angkot gitulah meski posisi kursinya itu ngadep kedepan bukan kepinggir. Bisa kalian bayanginkan? Atau menebak apa nama kendaraan tersebut? Aku sih ngga tau. Tapi kek pernah denger gitu temen sekolah bilang mobil macam gitu namanya L3, tapi ngga tau. Nanya sama temen-temen disini sih bilangnya iya angkot. Haha.. 1 angkot 2 rombongan sangat penuh dengan beberapa tumpukan manusia, iyaps! Rombongan dari aku meski cuma 5orang dan dari rombongan orang lain yang mengangkut beberapa orang. Wajarlah agak sedikit berdesakan.
Semilir angin dimalam hari, membekukan aura warna merah yang sempat melekat, gelap temani beberapa titik cahaya, terangi dalam segelintir bisikan kaum yang hanya menonton saja, dan mengacuhkan ocehan yang sempat mereka lontarkan, aku hanya mampu menatap ruangan bumi dibalik jendela kusam dengan pandangan samar, tertunduk lesu dan memenjamkan mata dibahu kanan seorang malaikat dunia yang dengan sia-sia memberikannya untukku.
Belum nyampe yah A?” 1 kalimat tanya yang ku ucapkan saat terbangun dari samarnya tidurku. “Belum, kejebak macet. Mau minum?” jawabnya. Akupun mengambil air minum untuk meneguknya. Ini cuaca yang labil atau emang tubuh aku yang ngga stabil? Antara panas dan dingin menyatu dalam satu aliran. “Maaf A, pegel yah gara-gara Nde?” ucapku. Ia hanya tersenyum paksa, aku merasa jadi ngga enak gini deh sama A Utongnya. Rasa malu itu menghampiriku.
Sesampainya dipersimpangan menuju gerbang Gn. Papandayan, kita turun dari angkot tersebut dan harus naik mobil pick up untuk sampai tempat tujuan. Tadinya kita mau rehat dulu sejenak di masjid terdekat, cuma masjidnya udah ditutup gitu, aneh yah masjid kok ditutup? Biasanya kan 24 jam, mungkin karena ngga ada merebotnya kali? Tapi entahlah..
Sok yang cewe duduknya didepan aja” kata A Jay. “Nde, temenin si teteh duduknya didepan yah” tambahnya. Iya aku sih cuma nurut-nurut aja meski sebenarnya keknya lebih seru duduk dibelakang rame-rame gitu, tapi yasudahlah lagian demi kesehatan aku juga hihi.. “Masih sekolah?” pertanyaan pertama yang dikeluarkan oleh Teh Vina. “Ngga Teh, udah kerja” jawabku canggung untuk mengawali pembicaraan. “Ouh kirain masih sekolah, kerja dimana emang?”. Percakapan antara aku dan Teh Vina ini berlangsung sangat lama. Seperti di introgasi, menghujam otak dari beberapa pertanyaan yang membuat aku kebingungan menjawabnya, antara kepalsuan atau kebenaran, namun tak mungkinlah aku jawab dengan kalimat kosong, aku tak ingin mengawali pertemanan ini dengan kebodohan yang aku ciptakan sendiri. Iyaps! Aku menjawab tanyanya dengan seadanya aku.
Jarak antara gerbang pembelian tiket dengan gerbang Gn. Papandayan sangat lumayan jauh, maka dari itu banyaknya penyewaan kendaraan pick up, dan aku dibuat takjub ketika segelintir orang dengan yakinnya berjalan ditengah malam untuk sampai tujuan. Gila!! Ada saja orang yang melakukan hal semacam itu. Aku hanya menatapnya dari spion mobil ketika melewati mereka, apa kalian tidak berat membawa carriel sebesar itu? Apa kalian tidak lelah terus melangkah dari ujung jalan sampai puncak jalan? Apa kalian tidak merasakan kegelapan dan kesunyian disepanjang jalan hanya mengandalkan satu cahaya dari senter kepala dan alunan musik favorit kalian? Masih banyak pertanyaan yang ingin aku tanyakan pada segerombol orang itu. Namun apalah daya aku hanya mampu tersenyum dan berkata “Allah sayang kalian”.
Inikah gerbang Gn. Papandayan itu? Subhanallah kereeeeenn.. meski jutaan debu dan pasir berterbangan diangkasa, dan suhu udara yang semakin minus. Bbrrrrr.. dinginnya ituloh ampe sedikit membuat telapak tanganku kaku, aku hanya menyembunyikannya dibalik kaos panjangku dan menyilangkan kedua lenganku didada hanya untuk memberikan sedikit kehangatan pada tanganku. Hoho.. “Dingin yah? Mana sarung tangannya Nde?” tanya A Utong. Aku hanya mampu terdiam tanpa menjawab tanyanya. “Kita nyari mushalla dulu yah buat shalat” kata A Jay. Kitapun langsung menuju mushalla yang jaraknya tidak terlalu jauh dari gerbang, meski sebelumnya iya kita melakukan registrasi terlebih dahulu.
Gila!!! Dzuhur, ashar, maghrib, isya. Shalatnya di kodo? Astagfirullah.. aku takut Allah murka. Maafkan aku yang dengan sengajanya melakukan hal semacam ini. Tangis batinku luluh saat melakukan ritual ibadah tepat ditengah malam. “Ini rasa airnya aneh yah, ada asem-asemnya gitu” ucapku “Iyah namanya juga ada campuran sama air belerang” jawab A Khudri, saat membantuku menuangkan air botol untuk wudhu. Kita saling giliran untuk menuangkannya karena pancuran air dibak tempat wudhu tidak berfungsi, ironis.
Setelah semua persiapan matang dan perlengkapan telah dipakai kurang lebih pukul 1 pagi kita memulai berangkat menuju Gn. Papandayan, diawali dengan berdoa terlebih dahulu yang dipimpin oleh A Jay. Bismillah.. mulai melangkahkan kaki. “Pake headlamp nih” ucap A Utong “Ngga ah ribet” jawabku disertai menghembuskan asap dingin yang keluar dari mulutku. Ini pertama kalinya aku hiking digelapnya malam dengan taburan bintang dilangit, menatap pemandangan malam diatas bukit sungguh sangat mengesankan, berjalanpun hanya menunduk mencari celah jalan yang pantas untuk dipijak. Ditengah perjalanan ada satu rombongan dimana mereka ngeplay musik cadas. Aih? Mantep pagi buta sambil hiking ngeplay musik genre metal. Haha pengen atulah gabung tapi aku hanya mampu menatapnya. Ingin sebenarnya melakukan hal yang sama seperti itu, tapi aku takut teman-temanku merespon buruk, karena iya hanya orang-orang tertentu yang mampu bisa mendengarkan musik sebrutal itu dengan keadaan damai dan santai. Akulah salah satunya hehe.. tadinya sih mau pake headset, cuma ditakutinnya ada yang ngajak ngobrol tapi akunya ngga denger, kan jadi kasihan gitu yah? Yasudahlah alunan musiknya ku gantikan dengan suara-suara manusia dipagi buta yang dingin ini. Haha konyol..
Kurang lebih pukul setengah 3 pagi kita nyampe di alun-alun Gn. Papandayan, aku ngga tau nama alun-alunnya apa yang jelas kita pasang tenda diarea itu. Setelah susah payah pasang tenda dengan keadaan dingin dan setengah mengantuk akhirnya beres juga kira-kira pukul 3 pagi. Widih? Pasang 2 tenda aja ampe setengah jam? Haha.. ahsudahlah harap dimaklum dalam sikon kayak gitu mah.
Kulihat Teh Vina sudah ada didalam tenda saja, memang sedari tadi ia terlihat agak lemas dan sangat kedinginan, “Aku tidur dimana?” tanyaku pada A Jay. Aku kira, aku bakalan tidur setenda bareng Teh Vina, eh ternyata?? “Tidur ditenda itu aja Nde tenda yang ini kecil” jawabnya. Hah?? Aku engga setenda sama Teh Vina? Jadi aku setenda sama siapa??? Ga mungkin kalo sendiri. Banyak tanda tanya didalam kepalaku saat membereskan barang-barang didalam tenda.
“Nde udah beres belum?” suara A Utong diluar sana. “sreeeeeeeetttttt…..” suara resleting tenda pun terbuka. “Beresin barang-barang dulu biar enakan tidurnya” ucapnya sambil menata barang-barang yang ada didalam tenda agar senyaman mungkin. Nahloh? Jadi?? Aku setenda sama A Utong??? Seriusan nih setenda sama kaka pemandu???? Gila!! ini diluar dugaan banget. Kirain aku bakalan setenda sama Teh Vina gitu? Tapi nyatanya? Teh Vina malah setenda sama suaminya A Jay dan keponakannya, iya itu A Khudri. Astagfirullahal adzim, ini aku dibikin speechless banget, sumpah! Aku cuma bisa diem ditengah-tengah rasa ngantuk. Hufftt.. narik napas dalem-dalem dan positif thingking aja deh, ngga bakal ada apa-apa kok kalemin aja, iya meski agak sedikit syok gitu. “Perasaan bawa barang teh sedikit, tapi pas dibuka mah kayak banyak yah? Jadi hareurin” kata A Utong “Iyah bener A aneh” jawabku sedikit tertawa
Apa boleh buat? Ngantuk iya ngantuk ngga bisa di melek-melekin, akhirnya akupun tidur bersampingan sama si kaka pemandu iya meski tengah-tengahnya dibatasin pake barang-barang yang kita bawa kek baju, makanan, kompor, carriel, iya barang kek gitulah. Masih Alhamdulillah juga, bersyukur, Allah masih baik sama aku.
“Allahu akbar Allaaaaaaaaaahu akbar…” suara adzan yang terdengar sangat lembut dari salah satu pendaki yang berada disamping tendaku, membangunkan jiwa yang telah terlelap dari tidurnya. Aku pun terbangun dengan nyawa yang belum sepenuhnya hidup. Membuka resleting tenda dan ku lihat alam masih gelap dengan angin yang menghembus rusuk. Bbrrrr… Akupun cepat menutup resleting tenda “A bangun A” ucapku pelan. A Utong hanya diam tanpa menjawab, mungkin ia masih berada didalam mimpinya dan belum sempat kembali pada dunianya. Ingin aku membangunkannya namun tak berani, takut mengganggu, nanti aku dimarahin. Hoho.. “Tidur tidur tidur..” ucap A Utong dengan mata masih tertutup. Entah hanya sekedar mengigau atau emang ia berkata padaku. “Udah tidur dulu tidur, masih ngantuk” tembalnya lagi sambil mengubah posisi tidur menjadi meringkuk. Memang sih cuaca cukup dingin, lebih enaknya lagi tidur, meski iya hati ini ngga tenang banget soalnya belum shalat. Ngga tau setan darimana nongolnya bisa-bisanya ngebujuk aku ampe tidur kembali. Aaaaarrgghhh.. Geram!! Namun alhamdulillahnya aku mampu terbangun lagi oleh semilir lantunan-lantunan yang menghidupkan kembali pusat keyakinanku. Kali ini aku nekat membangunkan A Utong, untuk mengajaknya mengambil air wudhu. Mau dia marah kek atau apalah kek, bodo amatlah. Apa boleh buat? Aku terpaksa melakukan hal ini, daripada nanti aku dimarahin sama Allah? Hayoh lebih takut kan?
“A banguuuuuuuuuuunnn…. Shalat dulu yuk!!” getirku. Ia hanya menatap samar kearahku, seperti mengabaikannya, atau mungkin ia masih setengah berada dialam mimpinya, namun entahlah. Aku terus berusaha membangunkannya, sampai akhirnya Yes! Dia terbangun juga meski kek terpaksa gitu, iya dia juga sedikit agak jengkel gitu deh kayaknya. Haha maaf yah A.. lagian ini demi kebaikan Aa juga kali. Hoho.. “Masih ngantuk ih” jawabnya terbata-bata. “Kalo udah wudhu ngga bakal ngantuk kok A” jawabku. “Ngantuk tau dingin lagi” jawabnya santai. “Iyah nanti tidur lagi A kalo udah shalat” jawabku terus memaksa. Usahaku tidak sia-sia, kaka pemandu itupun pun beranjak dari tidurnya.
Akhirnya Aku dan A Utong langsung bergegas mengambil air wudhu, meski keliatannya tuh si A Utong ngutruk dalam bisu gitu HAHA. Kalian tau ngga? Selain ada toilet juga disana ada mushalla nya juga loh? Weiyss.. keren kan? Pengen atulah shalat disana, cuma iya gitu penuh banget orang di mushallanya jadi kepaksa deh shalatnya di dalem tenda, meski sebenarnya ngga nyaman banget, tapi ahsudahlah setidaknya dengan niat yang bener-bener niat aku sudah menjalankan kewajibanku sebagai hambanya Allah. Aamiinn..
HAHAHA mau kemana atuh kang itu sarungnya kagak dilepas? Mau ngaronda? Konyol.. A Utong mah ada-ada aja, aku mah baru liat da dia pake sarung gitu asa lucu, asa aneh, dan asa beda. Namanya juga abis shalat Nde, mungkin dia males ngelepasnya. “Mau makan? Atau mau bikin susu atau apa gitu? tawarnya. “Ngga akh, mau tidur” jawabku simple sambil memejamkan mata. Nahloh? Yang tadi bilang masih ngantuk siapa? A Utong kan? Tapi kok yang tidur laginya malah aku? Haha aneh. Dia mah malah bikin air panas buat kopi, tidurnya mah kagak.
“Mang minjem gelas lah” suara A Khudri diluar tenda sana membangunkan dalam tidur pendekku. Akupun terbangun dengan paksanya dan menyodorkan satu gelas dengan tatapan mata samar keluar tenda, kulihat selewat A Utong pun tertidur pulas sebelum aku kembali tertidur. Memejamkan mata beberapa menit tidak membuatku puas akan lelapnya tidur, terganggu akan desis-desis suara orang yang berjalan kaki, ditambah lagi teriakan yang tidak jelas melengking telingaku, menggoyahkan jiwa yang tenang, dan akupun kembali terbangun dengan paksaannya.
“Mau kemana A?” Tanyaku pada A Utong. “Ke toilet” jawabnya. “Ikut dong! Pengen ke toilet juga” ucapku. Akupun langsung mengikuti A Utong dari belakang. Sesampai di toilet. Waaaaaaaawwww??? Ini antrian toilet panjang banget.. Harus nunggu berapa jam nih?? “Ah lila ini mah. Udah engga kuat” gerutu A Utong dengan tingkah konyol bak anak kecil yang ngga bisa nahan pipis. Aku hanya mampu menahan tawa, HAHAHA.. puas banget sih Nde ketawanya? Kasian tau. “Mau nyari semak-semak ah biar agak cepetan, ngga kuat banget” kata A Utong yang langsung meninggalkan antrian. Iya jelas lah bisa gitu orang dia mah dari kemarin minum air terus sih. “Eh minta uang 2 ribu dong A buat bayar toiletnya” kataku setelah melihat papan tulisan Toilet 2000. Dan ia langsung menyodorkan uang pas. Hihi makasih A.. Abis aku engga bawa uang sih, kirain kagak bayar hoho..
Aku engga tau berapa jam berada diposisi antrian. Sangat jenuh sekali, ditambah lagi udara dingin yang membuat tanganku bergetar, ah lagi pula aku hanya ingin pipis doang, bukan boker ataupun mandi, ngga mungkin lama di toilet kan? Tapi iya gitu nunggunya lamaaaaaaaaaaaa banget. Setau aku yah kalo di gunung itu ngga boleh bawa sabun, pasta gigi, shampoo, pencuci wajah, ah pokoknya segala macem cairan atau larutan yang berbusa gitu deh, kan bisa mencemarkan tanah dong? Itu limbah cair. Ah.. tapi disini itu aneh, orang-orang pada bawa yang begituan coba?? Speechless banget dong litany juga, mungkin ini pertama kali aku liat orang-orang kek gitu yah. Mau ditanyain ke kaka pemandu juga, ah males banget ga berani nanti-nanti aja deh eh malah keburu lupa. Hehe..
Setelah aku keluar dari toilet, akupun membayar uang sejumlah 2 ribu rupiah yang dimasukan pada sebuah kotak khusus untuk pembayaran telah memakai toilet tersebut. Saat aku akan kembali ke tenda, A Utong dan A Khudri sudah menunggu di alun-alun. “Ayok kita ke hutan mati” ucap A Utong. “Okey, tapi ke tenda dulu yah bentar” jawabku. Andai saja hujan, mungkin ini alun-alun tidak akan segersang ini, debu dan pasir berterbangan, cuaca panas, ini itu bener-bener butuh kacamata, kalo engga pake pasti berefek pada mata jadi kelilipan terus, kalo engga ini mata di sipit-sipitin biar debu pada engga masuk. pasti butuh banget obat tetes mata buat ngejernihin lagi. Ah aku engga tau kalo keadaannya kek gini, tau gini kan pasti bakalan bawa. Tapi emang salah aku juga sih ngga persiapan P3K sekumplit waktu pertama kali hiking. Ahsudahlah..
Subhanallah.. ini toh yang namanya hutan mati. Aih? Keren.. Akhirnya bisa nginjakin kaki di hutan mati ini, dulu sih cuma bisa liat foto-foto di googling gitu. Hehe.. Cuma sayang yah, cuacanya lagi panas gini jadi keliatan gersang gitu, kalo hujan pasti lebih keren nih, cuacanya gelap pasti keliatan kek mistis-mistis gitu. Haha.. Angin gelebugnya ituloh kek ngajak aku buat maen lari-larian, ngajak kesinilah kesitulah ah pokoknya pasukan angin menyerang tubuhku saat itupula. Kalo tau anginnya sekencang ini mungkin aku bakalan bawa layang-layang biar bisa maen disini, abis anginnya cocok tuh buat maen permainan tradisional kek layangan gitu. Hahaha
Iyah namanya juga aku baru pertama kali kesini, aku eksplore aja nih tempat sendirian, abis kalo ngajak yang lain nanti yang ada malah ngerepotin gitu, ah sudahlah yang penting aku bisa ngeliat semuanya dengan sangat kenyang. Asyek!
Aku kira setelah mengunjungi hutan mati ini bakalan langsung ke puncak Papandayan, eh ternyata engga. Ah sangat menyebalkan.. Aku engga tau alasannya kenapa, ditanyain malah jawabnya ambigu gitu, ngga apalah mungkin lain kali aku akan berkunjung untuk bersilaturahmi ke puncak Papandayan. Aamiin..
“Kalian mau ikut pulang ngga?” tanya A Jay. Aku hanya melirik kearah A Utong. “Kalo mau masih ngecamp mah sok aja, kita bertiga mah pulang duluan” tambah A Jay. A Utong hanya memperhatikan sekelilingnya. “Nde, mendingan pulang yuk ah. Kita tujuh belasan di Cipanas aja” tutur A Utong. Nah loh? Kok jadi melesat dari planning sebelumnya? Kenapa? Ada apa? Beri aku 1 alasan yang logis! HAHA terlalu lebay Nde mah. Hoho.. Akhirnya kita semua pun berkemas merapihkan barang-barang kembali. Gila! Baru aja pasang tenda udah harus dibongkar dan diberesin lagi? Jadi intinya pasang tenda hanya 5 jam? Cape-cape pasang tenda untuk sebentar. Ngga puas banget. Haha lucu!
Setelah semuanya siap tanpa ada yang ketinggalan, kitapun langsung beranjak meninggalkan alun-alun. Ah sumpah masih betah, ngga mau pergi, belum mau pulang, masih pengen disini. “Kenapa ikut pulang juga katanya mau dua hari disini?” Tanya A Khudri. “Ngikut A Utong aja Nde mah A” jawabku.
Mungkin saat nanjak kemaren kan malam hari jadi ngga banyak lirik kanan kiri abis gelap penerangan juga terbatas cuma ada headlamp doang, jadi bisanya nunduk sama lihat kedepan, tapi pas perjalanan pulang siang hari terik panas, banyak angin yang menyapu pasir ah pokoknya jadi bisa lihat sekeliling tapi ngerasa kayak bukan arah jalan waktu nanjak kemaren, entah karena faktor apa yah bisa berpikiran ampe sonoh? Haha aneh.
Ditengah perjalanan pulang kita istirahat sejenak dibawah pohon didalam hutan belantara pokoknya tempat yang teduh deh tanpa ada pasir yang berterbangan haha.. Mengeluarkan semua makanan yang kita bawa, dari mulai nasi, cemilan, mie, dan minuman. Untungnya tuh mie cup belum aku makan satupun jadi masih utuh ada 5 dan langsung dibagiin deh jadi kebagian perorang, meski saat itu aku dalam keadaan belum laper. A Khudri pun langsung memasak air. “Ayo makan dulu” tutur A Utong “Iyah sok aja belum laper” balasku. “Makan!” nada rendah dengan alunan tegas dan tatapan tajam untuk balasan kalimat dari seorang kaka pemandu. Ebusyet nakutin sumpah. Okey Nde makan A mau makan, maksa bener sih? Udah tau kan aku orangnya bisa makan kalo udah laper. Masa masih kagak ngarti juga sih? Cerocos hatiku, iya meski cacingku meronta untuk tidak memasukan secuil makananpun masuk kedalam lambung. Aaaaarrrrgghhh!!! Muaaaaaaaaaaaalll… Pengen muntah, sakit perut, melilit, pengen nonjok perut, lemes. “Kenapa ngga diabisin mie cup nya masih banyak gitu?” kaka pemandu itu bertanya lagi. “Udah kenyang A”. ia hanya membuang muka.
Melanjutkan perjalanan pulang sambil mendengarkan ocehan dari cerita yang dilantunkan oleh A Utong, iyah lagi-lagi dia bercerita. Sangat menakjubkan kisah lama dari sebuah Gn. Papandayan. Namun ada yang bikin aku lebih speechless lagi saat ada kendaraan roda dua (sepeda motor ataupun sepeda gunung) mampu melewati terjalnya jalan bebatuan gunung ini. Gila!! Udah pada biasa kali yah? Jadi ngalem gitu deh bawainnya juga. Prokprokprok..
Kira-kira pukul setengah 3 sore kita nyampe kebawah, dan membersihkan tubuh sembari menyucikan jiwa di masjid terdekat. ± Pukul 15.30 WIB kita melanjutkan perjalanan pulang menuju terminal, “Gunung yang ada didepan kita itu namanya Gn. Cikuray, keren yah bentuk segitiga gitu, mungkin bisa jadi piramidanya Indonesia” kaka pemandu itu menatap jauh gunung tersebut. Iyaps! Memang indah gunung itu, apalagi akan lebih menakjubkan jika aku mampu pergi kesana, bersilaturahmi dengan alamnya dan merasakan keindahannya lebih dekat lagi. Aku hanya menarik napas panjang seraya berdoa. Aaamiinn..
“Hah? Ngga ada bis yang langsung ke Cianjur?” tanyaku penuh kebingungan. “Iyah, soalnya kita kesorean, paling bakalan ada bis nanti malem, kelamaan nunggu lebih baik sekarang kita naik bis mini dulu aja, nanti disambung lagi naik bis jurusan Cianjur” jelas A Jay. Aku hanya mampu menuruti katanya. “Nde ke kamar kecil dulu yah A sebentar ngga kuat sakit perut” ucapku sambil berjalan menuju toilet umum.
Setibanya bis mini itu, aku langsung memilih tempat duduk paling belakang sekali, beralasan mencari kenyamanan agar mampu selonjoran kaki dan tiduran. Tapi tidak dengan A Jay, A Khudri dan Teh Vina mereka selalu memilih bangku paling depan sekali iyah deket-deketan sama supir gitu haha.. A Utong lah yang selalu nemenin aku duduk dibelakang, meski sepertinya ia tidak terlalu suka duduk dibelakang, mungkin karena kasian melihat aku duduk sendiri dibelakang kali yah, tapi entahlah hoho.. “A anter beli dodol dulu yuk buat oleh-oleh ke temen” ajakku. Aku dan A Utong pun langsung turun dari bis, lagiankan bis nya lagi ngetem gitu jadi beranilah buat turun sebentar.
Lah? Bukannya itu bis kita? Loh kok udah maju? “Eh cepetan A itu bis nya udah maju, buruan lari” ucapku dengan terburu-buru. Halah capek dong ngos-ngosan untung aja tuh bis ngerem juga, lumayanlah butuh air, meski agak kesel juga yah, tapi ahsudahlah tak bisa dijelaskan secara terperinci keburu lelah. Tidur dibis berjam-jam adalah hal yang menyenangkan karena mampu melepas letih meski posisinya bikin ngga enak body, ah dienak-enakin aja biar ngga kerasa sakit punggungnya. Hoho ngga tau malu banget sih Nde tidur dibis terus. Melek euy melek!! Malu atuh sama penumpang lain. Bodo amat!
Akhirnya pukul 1 dini hari kita sampai juga di Cipanas, gila butuh waktu ±9jam perjalanan pulang ditambah macet total dan ngetem parah udah gitu ngeurayap lagi. Hemm.. banyak kejadian unik dalam perjalanan ini, dan intinya aku harus banyak-banyak minta maaf sama kaka pemandu, iyaps A Utong. Nde minta maaf yang sebesar-besarnya udah banyak ngerepotin Aa banget, uh jadi kasihan sumpah liatnya juga. Maaf yah A hoho jangan kapok bawa Nde lagi yah? HAHAHA

TAMAT

 Mau tau hasil jeprat-jepretnya?

Mau tau keseruan video nya?
Click Here for Watching this Video
Terimakasih sudah membaca dan melihat foto-foto absurd saya hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar