Rabu, 18 November 2015

ISPRINOL




Komposisi
1.      Isprinol tablet
Setiap tablet mengandung :
Methisoprinol................................................................................................... 500mg
2.      Isprinol sirup
Setiap 5ml mengandung :
Methisoprinol................................................................................................... 250mg

Cara Kerja Obat
Methisoprinol adalah suatu kompleks senyawa kimia yang terbentuk dari inosin dan suatu aminoalkohol, dimetilamino-isopropanol, dengan rasio 1:3. Methisoprinol meningkatkan sintesa protein dan nucleoprotein untuk melindungi struktur dan fungsi poliribosom, mendiami ribonuklease, menguatkan fungsi poliribosom, menghalangi pemindahan genetika virus ke poliribosom sel tubuh dan dngan cara ini menghentikan multiplikasi virus. Dari studi klinis yang dilakukan oleh para peneliti Argentina, didapatkan aktivitas anti virus non spesifik dan berspektrum luas.

Indikasi
Penyakit yang disebabkan oleh virus pada saluran napas, penyakit-penyakit eksantem, penyakit hati dan beberapa penyakit system saraf. Flu pada anak dan orang dewasa, bronchitis, rhinopharingitis, varicella, campak, herpes simplex dan zoster, parotitis.

Dosis Dan Cara Pemberian
1.      Usia dibawah 5 tahun rata-rata 50mg/kg berat badan perhari. Dosis ini dapat ditingkatkan sampai dengan 100mg/kg berat badan perhari, tergantung pada tingkat keparahan penyakit.
2.      Usia 5 tahun keatas dan dewasa rata-rata 50mg/kg berat badan perhari, dan dapat ditingkatkan sampai dengan 60mg/kg berat badan perhari. Dosis ini diberikan dalam 4-6 dosis terbagi. Jika diperlukan, bila da komplikasi mikroba, tidak ada kontraindikasi untuk pemakaian bersama antibiotika atau kemoterapi dan ini tergantung pada anjuran dokter. Lama pengobatan sebgai berikut :
a.       Infeksi virus akut singkat : pengobatan harus dilanjutkan satu sampai dua hari setelah gejala-gejala mereda, sesuai dengan anjuran dokter. Dengan cara ini kambuhnya penyakit dapat dihindari.
b.      Infeksi virus akut lama :pengobatan hendaknya dilanjutkan satu sampai dua minggu setelah gejala-gejala mereda, sesuai dengan anjuran dokter. Dengan cara ini kambuhnya penyakit dapat dihindari.

Efek Samping
Efek samping yang telah diamati secara konsisten hanya berupa peningkatan sementara urine dan kadar asam urat dalam serum. Peningkatan asam urat ini dikarenakan penguraian inosin menjadi asam urat seperti yang terjadi pada metabolisme purine alamiah, inosin, pada tubuh manusia.
Efek samping yang kadang-kadang terjadi bersifat sementara adalah ruam kulit atau gatal, fatigue atau malaise dan diare. Efek samping yang jarang terjadi misalnya sakit kepala yang bersiofat sementara, vertigo, gugup atau insomnia, konstipasi dan poliurea (peningkatan frekuensi urin). Frekuensi terjadinya efek samping ini tidak bermakna secara statistic dilihat dari keseluruhan data post marketing surveillance.

Kontraindikasi
1.      Hati-hati ketika memberikan Methisoprinol kepada pasien-pasien gout, Karena obata ini sedikit meningkatkan kadar asam uarat dalam serum
2.      Karen amemiliki sedikit pengaruh terhadap jantung, perhtaian diperlukan dalam pengobatan pasien jantung yang sedang menjalankan pengobatan dengan digitalis.
3.      Methisoprinol sebaiknya tidak digunakan pada infeksi bakteri karena tidak memiliki efek antibakteri
4.      Methisoprinol sebaiknya tidak digunakan selam empat nulan pertama kehamilan
5.      Tidak diketahui apakah Methisoprinol diekskresi pada air susu ibu

Mengingat rasio antara dosis terapi dan toksis adalah 1:100, Methisoprinol dapat digunakan tanpa kekhawatiran akan efek toksik. Akumulasi tidak terjadi karena Methisoprinol cepat dieliminasi bersama dengan metabolitnya melalui urine.

Interaksi Obat
Studi klinis sampai saat ini tidak memperlihatkan adanya interaksi obat dan tidak ada interaksi dengan makanan yang diketahui

Peringatan Dan Perhatian
Isprinol tablet              : produk bersifat higroskopis setelah kemasan dibuka
Hati-hati bila diracik   : lakukan diruang ber AC dan simpan dalam lemari es

Penyimpanan
1.      Isprinol tablet
Simpan pada suhu ruangan terkontrol (dibawah 25ºC)
2.      ISPRINOL sirup
Simpan pada suhu kamar (dibawah 30ºC)

Kemasan
1.      Isprinol tablet
Box, 2 strip @4 tablet
2.      Isprinol sirup
Box, botol @60ml

Produksi
NOVELL PHARMACEUTICAL LABORATORIES BOGOR - INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar